Jumat 28 Nov 2014 18:02 WIB

KTC Targetkan Seribu Rumah Quran di Jakarta

Anak-anak belajar mengaji.
Foto: Republika/Agung Supri
Anak-anak belajar mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontak Tahajud Club (KTC) Indonesia yang dipimpin Azmi Fajri Usman menargetkan seribu Rumah Quran akan berdiri di Provinsi DKI Jakarta pada 2017 dalam upaya meningkatkan generasi penghafal Quran di masa mendatang

"Pendirian rumah Quran ini merupakan salah satu upaya meningkatkan generasi muda dan masyarakat gemar membaca dan hafal Quran serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Azmi di Jakarta, Jumat (28/11).

Ia menjelaskan, saat ini baru ada satu rumah Quran percontohan di kawasan RT 15, RW 3, Paseban Timur, Jakarta Pusat dengan nama Rumah Quran Violet. Di rumah tersebut anak-anak dan masyarakat sekitar belajar tanpa dipungut biaya.

"Tempat belajar ini terbuka untuk umum dan sangat diutamakan dari keluarga miskin dan yatim piatu," katanya.

Azmi mengatakan metode pengajaran yang dilakukan di Rumah Quran Violet itu seperti memberikan beragam penghargaan terhadap santri yang berhasil menghafal surah-surah Alquran yang diberikan sebelumnya.

"Pendidikan agama melalui hafalan dan membaca Quran juga akan menjadi benteng generasi muda di kota metropolitan ini," kata putra kelahiran Aceh itu.

Ia merincikan seribu Rumah Quran Violet itu akan didirikan di 500 titik di Jakarta Pusat, 200 titik Jakarta Selatan, 150 titik di Jakarta Timur, 100 titik di Jakarta Barat dan 50 titik di Jakarta Utara. "Setiap Rumah Quran Violet ini akan mendidik 50 orang anak yang akan menghafal Quran," katanya.

Program yang ditargetkan hadir di Ibu Kota Negara Republik Indonesia itu sasaran utamanya adalah warga fakir miskin, anak yatim dan kaum dhuafa di daerah setempat.

Azmi optimistis dan mengharapkan semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan moral dan moril dalam kegiatan amal yang akan dilakukan di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta itu. Dengan demikian, target menghadirkan seribu Rumah Quran Violet akan terwujud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement