Senin 25 Mar 2019 15:22 WIB

Mengelola Sampah

Persoalan sampah juga menjadi keresahan umat Islam.

Sampah
Foto: RTC/Rifa Nurfauziah
Sampah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sampah menjadi permasalahan menahun yang masih saja sulit untuk diselesaikan. Badan Pusat Statistik (BPS) pernah mengungkap ada 64 juta ton per tahun di Indonesia. Sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Indonesia pun di sebut sebagai negeri penyumbang sampah plastik ke laut nomor dua di dunia.

Besarnya produksi sampah menunjukkan lemahnya masyarakat kita dalam penanggulangan. Padahal, sampah juga menjadi faktor penunjang kenaikan suhu permukaan bumi karena menyumbang emisi gas rumah kaca. Panas bumi di Asia Tenggara saat ini berkisar 0,4-1 derajat Celcius.

Panas ini disebut akan meningkat antara 1,5-2 derajat Celcius pada 30 tahun mendatang. Kenaikan suhu bumi akan meningkatkan ancaman terhadap bencana kekeringan, banjir hingga tanah longsor.

Permasalahan juga menjadi keresahan umat Islam. Sebagai warga mayoritas di negeri ini, kaum Muslimin juga tidak bisa berlepas diri dari masalah lingkungan. Sampah yang kita produksi, timbun hingga membakar sungguh berlawanan dengan prinsip jika Islam adalah rahmat seluruh alam. Untuk menjawab masalah tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun me ngeluarkan fatwa bernomor 41 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan.

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement