Selasa, 13 Zulqaidah 1440 / 16 Juli 2019

Selasa, 13 Zulqaidah 1440 / 16 Juli 2019

Jejak Rabiah al-Adawiyah Sang Sufi Perempuan

Kamis 05 Feb 2015 21:17 WIB

Red: Nasih Nasrullah

Makam Rabiah al-Adawiyah tampak dari dalam ruangan.

Makam Rabiah al-Adawiyah tampak dari dalam ruangan.

Foto: masrarabiya.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sepak terjang perempuan sepanjang sejarah Islam tak terbatas pada urusan rumah tangga, tetapi juga ilmu pengetahuan, militer, bahkan juga dunia tasawuf.  Meski, tak banyak yang diabadikan oleh sejarah.

Ibnu Sa’ad misalnya, dalam magnum opusnya di bidang biografi “ath-Thabaqat al-Kubra” hanya memasukkan 629 nama perempuan, dari total 4250 entri para tokoh yang ia catat. Persentasenya hanya sekira 15 persen, salah satu tokoh itu adalah  Rabiah al-Adawiyah.  

Pemilik nama lengkap Rabi'ah binti Ismail al-Adawiyah al-Bashriyah ini merupakan tokoh sufi perempuan. Sosok yang dikenal dengan sebutan the mother of the grand master atau Ibu para sufi besar ini terkenal dengan sikap zuhudnya.

Tokoh kelahiran Bashrah, Irak ini menjadi inspirasi dalam dunia tasawuf baik di kalangan Islam atau Barat.

Nama Ibnu al-Faridh dan Dzunnun al-Mishri banyak merujuk pada corak tasawufnya yang beraliran Sunni. Ia dijadikan ikon sufi perempuan yang sukses oleh penulis Barat seperti Masignon dan Nicholoson. Makam yang terletak di  Bukit Tur, Yerussalem ini diklaim sebagai makamnya dan banyak dikunjungi peziarah. Selain makam lain yang berada di Bashrah.     

   

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA