Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Singapura Jadi Tuan Rumah Pameran Makanan Halal Asia

Selasa 23 Apr 2019 12:07 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Hasanul Rizqa

Bendera Singapura

Bendera Singapura

Foto: IST
Acara pameran itu digelar selama tiga hari, mulai Rabu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Singapura menjadi tuan rumah kegiatan Superfood Asia perdana. Perhelatan itu digelar di Pusat Expo dan Konvensi Sands di Marina Bay Sands pada Rabu (24/4) hingga Jumat (26/4) mendatang.

Superfood Asia merupakan pameran perdagangan makanan serta minuman sehat, alami, juga halal. Penyelenggara acara yakni anak perusahaan Singapore Press Holdings bernama Sphere Exhibits.

Baca Juga

Berbagai negara di kawasan Asia berpartisipasi dalam pameran itu. Tak terkecuali Indonesia, Malaysia, Cina, India, Korea Selatan, dan Srilanka.

Beberapa negara di luar Asia juga turut serta dalam Superfood Asia. Di antaranya Peru, Meksiko, serta Australia.

Aula pameran buka pukul 10.30 waktu setempat setiap hari. Kemudian ditutup pukul 18.00 pada 24 dan 25 April, serta pukul 17.00 waktu setempat pada 26 April. Superfood Asia dibuka secara gratis bagi pengunjung serta peserta.

Dilansir The Straits Times, pameran ini diharapkan bisa dikunjungi masyarakat mancanegara. Ditargetkan sebanyak 8.000 pengunjung dari 46 negara dapat dicapai.

Berdasarkan laporan firma riset padar Hexa Research 2017, pasar makanan halal global bisa menembus 2,55 triliun dolar AS pada 2024. Angka itu kurang lebih setara 3,45 trilin dolar Singapura atau sekitar Rp 36 triliun.

Digelarnya Superfood Asia bertujuan sebagai wadah meningkatkan ketersediaan beragam program tersebut. Dengan begitu memberikan peluang merek dan bisnis untuk menunjukkan potensi produk kepada setiap produsen.

Produk-produk yang ada dalam expo itu meliputi camilan sehat yang terbuat dari buah dan sayuran, beras indeks glikemik rendah dengan biji-bijian dan kacang-kacangan, produk lebah organik, serta berbagai produk minuman sehat. Produk halal dari unggas organik, daging beku, dan saus pun turut dipamerkan.

Beberapa perusahaan lokal menjadi pembeli di Superfood Asia. Misalnya jaringan supermarket Sheng Siong, FairPrice, Cold Storage, Caltex, 7-Eleven, serta Origins Healthcare.

Sebelumnya, Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade) kembali menggelar Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) tahun ini pada 3 sampai 6 April lalu di Kuala Lumpur, Malaysia. MIHAS merupakan salah satu pameran produk halal terbesar di dunia.

Tidak hanya mempromosikan makanan dan minuman halal. Di MIHAS, beragam produk halal seperti kosmetik, produk farmasi, pariwisata, e-commerce, hingga jasa keuangan Islami turut dihadirkan. Para pelaku industri dari seluruh dunia bisa pula membangun jaringan bisnis melalui ajang itu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA