Selasa 02 Nov 2010 05:02 WIB

Letusan Merapi Tak Ganggu Penerbangan Haji di Bandara Adisumarmo

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO--Kembalinya letusan Gunung Merapi yang terjadi pukul 10.00 WIB, Senin, tidak mempengaruhi aktifitas penerbangan haji di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Asisten General Manager Airport Duty Manager (ADM) PT Angkasa Pura, Saiful Makuta, di Solo, Senin, mengatakan terdapat satu penerbangan calon haji (calhaj) yang diberangkatkan pukul 12.00 WIB dan sesuai jadwal.

Dia mengatakan, letusan Gunung Merapi yang terjadi hari ini (Senin) tidak berdampak pada penerbangan calhaj menuju Mekkah dan Madinah.

Hari ini (1/11), kata dia, terdapat sebanyak empat penerbangan calhaj menuju Arab Saudi dari Bandara Adi Soemarmo Solo.

Penerbangan pertama yaitu untuk kolter 62 pukul 08.00 WIB, dan penerbangan kedua untuk kloter 63 diberangkatkan sekitar dua jam setelah letusan Merapi hari ini (1/11) yaitu pada pukul 12.00 WIB.

Kedua kloter tersebut, kata dia, akan diberangkatkan menuju Mekkah dan sesuai jadwal menggunakan pesawat Air Bus 330. Penerbangan ketiga diberangkatkan pukul 16.00 WIB untuk kloter 64 dan penerbangan terakhir pada pukul 20.00 WIB bagi kloter 65.

Saiful mengatakan, jika dampak letusan Gunung Merapi berpengaruh bagi penerbangan di Bandara Adi Sumarmo Solo maka penerbangan haji pun kemungkinan akan ditunda. "Namun karena tidak ada kendala hari ini dan dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga tidak memberikan instruksi adanya kondisi buruk," katanya.

Dia juga mengatakan, pihaknya tetap waspada dalam menghadapi dampak letusan Merapi di Kota Solo. "Kalau tiba-tiba ada laporan dari BMKG, maka kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan pihak penerbang dan pemilik otoritas bandara setempat," kata Saiful.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement