Jumat 29 Oct 2010 23:35 WIB

Mesin Pesawat Terganggu Abu Vulkanik, Keberangkatan Calhaj Tertunda

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Siwi Tri Puji B
Jamaah Haji
Jamaah Haji

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Keberangkatan calon jamaah haji dari embarkasi Solo hari ini agak tertunda beberapa jam. Hal ini karena pesawat Garuda yang memberangkatkan calon jamaah haji dari dari Yogyakarta kloter 51 mengalami kerusakan mesin akibat debu vulkanik dan ketahuan saat transit di Batam, Jumat.  Sehingga para calon jamaah haji yang menggunakan pesawat Garuda tersebut  baru akan berangkat ke Jeddah sekitar pukul 23.00 menggunakan pesawat cadangan.  

Hal itu dikemukakan Wakil Kepala Bidang  Pemberangkatan dan Penerimaan Jamaah Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji  (PPIH) Embarkasi Solo Sigit Warsito pada  Republika, Jum'at (29/10). Akibat kerusakan pesawat tersebut, sejak  Jumat (29/10)  keberangkatan calon jamaah haji dari embarkasi Solo Bandara Udara Adisumarmo mengalami keterlambatan. Dia menjelaskan calon jamaah haji  dari Yogyakarta (kloter 52) yang terakhir seharusnya berangkat pagi ini sekitar pukul 09.00 akhirnya tertunda menjadi pukul 11.00.

Demikian juga keberangkatan kloter berikutnya juga tertunda. Pesawat yang mengalami kerusakan mesin sedang dalam perbaikan di Adi Sumarmo. Meskipun kerusakan mesinnya diketahui di Batam, pesawat Garuda ini masih bisa kembali ke Adi Sumarmo Solo untuk dilakukan perbaikan lebih lanjut.

Dia mengatakan seluruh calon jamaah haji dari Yogyakarta hanya satu yang tertunda keberangkatannya karena masih sakit dan dirawat di RS Mawardi Solo. ''Alhamdulillah yang lainnya berangkat semua dan jamaah haji dari Yogyakarta yangb kloter terakhir berangkat siang ini sekitar pukul 11.00,'' kata Sigit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement