Selasa 20 Jul 2010 07:46 WIB

Arah Kiblat Bisa Dicocokkan Setiap Saat

Arah Kiblat
Arah Kiblat

REPUBLIKA.CO.ID,REMBANG--Meluruskan arah kiblat agar persis ke arah Kabah di Mekkah bisa dilakukan dua kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Mei dan Juli. Sekretaris Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Agama Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Ali Muhyidin di Rembang, Senin, mengatakan untuk tahun-tahun kabisat, arah kiblat bisa ditentukan pada setiap 27 Mei pukul 16.17.56 WIB dan 15 Juli pukul 16.26.43 WIB.

Pada saat tersebut, kata menjelaskan, matahari sedang berada tepat di atas Kabah. Untuk tahun-tahun non-kabisat, katanya, matahari akan berada tepat di atas Kabah pada 28 Mei pukul 16.17.56 WIB dan 16 Juli pukul 16.26.43 WIB.

Tahun kabisat adalah tahun yang angkanya akan habis dibagi empat dan jumlah harinya mencapai 366 hari. Tahun non-kabisat adalah kebalikannya. Jumlah hari dalam setahunnya untuk tahun non-kabisat adalah 365 hari.

Mengenai kesesuaian kiblat masjid dan mushala di Rembang, Ali Muhyidin menjelaskan 2.955 masjid dan mushala sejak akhir 2009 sudah sepenuhnya memiliki arah kiblat yang benar. "Arah kiblat masjid atau mushala di Rembang adalah 24 derajat dari arah barat ke arah barat laut. Sebelum tahun 2009, 20 persen masjid atau mushala di kota ini masih melenceng arah kiblatnya rata-rata lima derajat." ungkapnya.

Disebutkan, dalam menentukan arah kiblat, umat Islam bisa menggunakan alat yang bernama "global positioning system" (GPS). "Bila menggunakan alat ini, keakuratannya relatif terjamin. Teknologinya menggunakan ilmu astronomi dan kondisi alam," katanya.

Menurut dia, bukan hanya kiblat masjid atau mushala yang harus dibenarkan. "Seharusnya tempat shalat di rumah, kantor, instansi, dan hotel justru diprioritaskan," katanya.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement