Jumat 25 Jun 2010 04:48 WIB

Jatah BPIH Khusus 17 Ribu Jamaah

Rep: Nashih Nashrulla/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA-Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan pemerintah belum bisa memutuskan BPIH 2010 karena menunggu keputusan rapat dengan komisi VIII DPR RI. Namun demikian, Suryadharma mengatakan BPIH segera diputuskan dalam waktu dekat.

“Hari Jumat Kemenag dan DPR akan rapat semoga bisa ditetapkan,” tuturnya usai acara penerimaan SMM ISO 9001 :2008 di Gedung Kemenag, Jakarta, Kamis (24/6)

Meski demikian, jelas Suryadharma, pemerintah tetap akan melakukan persiapan-persiapan teknis sekalipun belum ada keputusan BPIH. Pemerintah telah menyewa pemondokan jamaah dan sejumlah persiapan di tanah air seperti seragam, manasik, pemeriksaan kesehatan dan pelayanan paspor.”Persiapan tersebut harus ditempuh dan tidak boleh terhalang,”paparnya.

Terkait dengan jamaah haji khusus, Suryadharma memaparkan kemenag berkomitmen memperhatikan dan mengurus mereka. Dia mengatakan pemerintah sama sekali tidak berkeinginan menelantarkan jamaah haji khusus meskipun kuota yang diberikan ke jamaah haji khusus tahun ini tidak akan bertambah dari total yang diberikan sebesar 17 ribu.

Akan tetapi pemerintah, imbuh, Suryadharma berjanji meminta tambahan konkrit pada tahun mendatang. Menurut dia, jumlah data penduduk Indonesia yang masih dikantongi PBB adalah 210 ribu. Oleh karena itu, pemerintah akan mengajukan data terbaru jumlah penduduk Indonesia kepada PBB. “Tepatnya menunggu data valid sensus penduduk selesai,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement