Kamis , 15 June 2017, 12:39 WIB

Siaga Sehat Ramaikan Kampung Warna-Warni Malang

Red: Gita Amanda
Rumah Zakat
Siaga Sehat di Kampung Warna-Warni Malang
Siaga Sehat di Kampung Warna-Warni Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Deretan tembok rumah yang berwarna-warni dan payung cantik yang digantung disepanjang jalan, ternyata tidak hanya ditemui di luar negeri saja. Kita dapat melihat pemandangan tersebut di Kota Malang, tepatnya di Kampung Warna-Warni, Kelurahan Jodipan.

Ahad (11/6) lalu, Rumah Zakat bersama Cita Sehat (mitra Rumah Zakat dibidang kesehatan) mengunjungi Kampung Warna-Warni untuk melakukan kegiatan Siaga Sehat. Sekitar pukul 15.00 WIB, tim medis, relawan beserta penanggung jawab kegiatan (PIC) sudah bersiap menuju lokasi. Pukul 15.30 WIB, Siaga Sehat pun dimulai di salah satu persimpangan yang ada di Kampung Warna-Warni.

“Pelaksanaan Siaga Sehat kali ini memang sengaja kita gelar di sore hari. Jadi sambil nunggu adzan Maghrib, daripada jalan-jalan atau berdiam diri saja, para warga dapat memeriksakan kesehatan mereka secara gratis lagi,” ujar Dwi Yuliani, Public Health Cita Sehat Malang.

Di lokasi tersebut, para warga dapat memeriksaan metabolik tubuh, seperti cek tekanan darah, asam urat, gula darah dan konsultasi kesehatan. Kedatangan tim Siaga Sehat disambut baik oleh para warga. Tercatat lebih dari 60 orang warga menjadi penerima manfaat pada Siaga Sehat kali ini.

“Alhamdulillah, ini merupakan Siaga Sehat yang pertama di Kampung Warna-Warni. Terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah mengadakan kegiatan ini semoga bisa kembali dilaksanakan di lain waktu,” ujar Parin, Ketua RW setempat.  

Usai pemeriksaan kesehatan, kegiatan ditutup dengan pembagian makanan tambahan berupa susu kepada anak-anak yang ada di wilayah tersebut.