Selasa 07 May 2024 16:16 WIB

Rumah Zakat Distribusikan Bantuan Pangan untuk Wilayah Terisolasi di Lebak Donasi Infak ID

Pascabencana 4 tahun lalu, warga terdampak masih butuh bantuan untuk sehari-hari.

Rumah Zakat menyalurkan bantuan dari Infak ID untuk warga terisolir di Lebak, Banten.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat menyalurkan bantuan dari Infak ID untuk warga terisolir di Lebak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Banjir bandang dan longsor yang terjadi pada tahun 2020 silam di Banten menyebabkan banyak desa yang terdampak, salah satunya adalah Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Banten. Di Kampung Cigobang, setidaknya ada 250 Kepala Keluarga (KK) yang masih terisolasi.

Sebagian besar tempat tinggal warga yang rata oleh tanah menyebabkan mereka tinggal di hunian sementara (huntara) yang terbuat dari terpal. Selain itu, akses jalan yang rusak dan krisis air menghambat aktivitas mereka. 

Baca Juga

Pascabencana 4 tahun lalu, warga terdampak masih membutuhkan bantuan untuk kehidupan sehari-hari. Mayoritas profesi kepala keluarga yakni buruh dan serabutan menyebabkan mereka pada kondisi yang membutuhkan. Tak hanya dalam pemenuhan bantuan pangan, untuk mendapatkan pendidikan, sanitasi dan akses kesehatan sangat kesulitan.

Rumah Zakat hadir memberikan uluran tangan untuk membantu warga yang membutuhkan. Tak hanya di Lebak Gedong, Rumah Zakat juga menyalurkan bantuan di beberapa titik Kecamatan di Lebak Banten, di antaranya Kecamatan Pandeglang dan Kecamatan Rangkas Bitung. Total pemberian bantuan sembako di Lebak Banten berjumlah 500 paket.

photo
Rumah Zakat menyalurkan bantuan dari Infak ID untuk warga terisolir di Lebak, Banten. - (Rumah Zakat)

Selain pemberian bantuan sembako di Cigobang, sebanyak 50 paket pelayanan kesehatan dan tandon penampung air juga diberikan. Pemberian tandon penampung air yang disalurkan bertujuan untuk penampungan air dari krisis air bersih yang menimpa.

Adapun pemberian layanan kesehatan didasarkan pada kondisi masyarakatnya dimana banyak yang terjangkit penyakit dan untuk mendapatkan akses tersebut mereka harus menempuh perjalanan yang jauh. Rumah Zakat menghadiri 2 perawat dengan pelayanannya, yakni tes kesehatan dan pemberian obat.

Warga diberikan kupon dan mengantri dengan rapi. Ungkapan rasa syukur dan terima kasih datang dari warga. Pak Endang selaku Ketua RT turut mengucapkan terima kasih kepada Infak Id dan Rumah Zakat yang telah menyalurkan bantuan kepada warga Desa Banjarsari, Kampung Cigobang, Lebak, Banten. 

“Saya Endang, selaku ketua RT mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Infak Id dan Rumah Zakat yang telah memberikan bantuan kepada kami. Adanya bantuan ini sangat bermakna. Semoga melalui bantuan ini menjadi ladang berkah bagi para donatur. Semoga para donatur senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan urusan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement