Kamis 27 Aug 2015 10:21 WIB

Masjid Jumat Shamaki, Monumen Dinasti Umayyah (1)

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Masjid Jumat Samakhi, Azerbaijan
Foto: pinterest
Masjid Jumat Samakhi, Azerbaijan

REPUBLIKA.CO.ID,SHAMAKHI -- Terletak 106 kilometer dari ibukota Baku, Shamakhi atau Şamaxı adalah sebuah distrik di Azerbaijan yang memiliki sejarah panjang perkembangan Islam di kawasan Kaukasus.

Di distrik ini terdapat sebuah masjid bersejarah dan cukup monumental peninggalan kekuasaan Daulah Bani Umayyah I dari abad ke 8. Masjid tersebut bernama Shamakhi atau biasa dikenal Masjid Jumat Shamakhi.

Penamaan nama Juma karena masjid ini menjadi pusat berkumpulnya umat Islam pada pelaksanaan shalat Jumat. Masjid ini merupakan salah satu masjid peninggalan Bani Umayyah I ketika dinasti ini menguasai sebagian besar wilayah Kaukasus dan Dagestan.

Masjid Shamakhi dibangun pada tahun 743-744 masehi. Beberapa penelitian arkeologi megungkapkan, masjid ini merupakan bukti monumental kedaulatan Islam Dinasti Umayyah I yang telah mencapai kawasan Kaukasus.

Masjid Shamakhi ini juga dianggap sebagai bangunan masjid pertama yang berdiri di kawasan Kaukasus. Salah satu peran penting bangunan masjid ini, sebagai bagian awal dari penyebaran Islam di kawasan Kaukasus serta Asia Tengah.

Hingga kini, Masjid Shamakhi masih berdiri walaupun sudah tidak ada struktur bangunan masjid yang asli setelah penghancuran berabad silam dan pembangunan kembali.

Penghancuran Masjid Shamakhi itu tidak lepas dari peran pentingnya sebagai kekuatan muslim di kawasan Kaukasus. Gempa bumi yang mengguncang Shamakhi pada 1859 juga menjadi faktor lain hilangnya struktur bangunan asli masjid ini.

Setelah lama hancur dan terbengkalai, Presiden keempat Republik Azerbaijan Ilham Aliyev memulai proyek pembangunan kembali pada 2009 lalu dan selesai pada 2013.

Kini Masjid Shamakhi merupakan contoh perpaduan kemegahan arsitektur Islam modern dan tradisional di Azerbaijan. Bahkan masjid ini dianggap salah satu masjid yang dibangun pada era modern, dengan arsitektur terbaik dan terbesar di kawasan negara-negara Kaukasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement