Kamis 01 May 2025 08:54 WIB

Perkenalkan Munakosah, Calon Jamaah Haji Bisa Tahu Nomor Kamar Sebelum Masuk Asrama

Layanan ini memudahkan penempatan akomodasi bagi calon jamaah haji di asrama.

Petugas merapikan salah satu kamar untuk calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (23/4/2025). Asrama Haji Pondok Gede siap  untuk melayani dan menerima jemaah haji tahun 1446 Hijriah. Para calon jemaah haji dijadwalkan mulai masuk asrama pada 1 Mei 2025 sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Adapun sarana dan prasarana yang telah disiapkan diantaranya kamar tidur, ruang makan, dan area umum guna memastikan kenyamanan jemaah. Persiapan ini mencakup pembersihan, perbaikan, dan penataan fasilitas untuk menunjang pelaksanaan haji tahun 2025.
Foto: Republika/Prayogi
Petugas merapikan salah satu kamar untuk calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (23/4/2025). Asrama Haji Pondok Gede siap untuk melayani dan menerima jemaah haji tahun 1446 Hijriah. Para calon jemaah haji dijadwalkan mulai masuk asrama pada 1 Mei 2025 sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Adapun sarana dan prasarana yang telah disiapkan diantaranya kamar tidur, ruang makan, dan area umum guna memastikan kenyamanan jemaah. Persiapan ini mencakup pembersihan, perbaikan, dan penataan fasilitas untuk menunjang pelaksanaan haji tahun 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) mengenalkan inovasi baru layanan asrama haji dalam penyelenggaraan ibadah haji 1446 Hijriyah/2025 Masehi. Layanan ini dinamai Munakosah atau Manajemen Unit Layanan Akomodasi di Asrama Haji.

"Ini merupakan inovasi dalam penempatan layanan akomodasi bagi jamaah haji, termasuk jamaah haji prioritas atau lansia saat berada di asrama haji," ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhammad Zain dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (30/4/2025).

Baca Juga

Zain mengatakan inovasi yang dikembangkan dengan sistem berbasis elektronik atau digital ini juga akan memudahkan pengelolaan tas kabin jamaah haji bagi petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) dan penempatannya di kamar asrama.

Menurutnya, Munakosah merupakan pengembangan dari pelayanan satu atap atau one stop service (OSS) di asrama haji embarkasi atau antara masa operasional haji.

Munakosah bertujuan memudahkan layanan penempatan akomodasi bagi calon jamaah haji, jamaah prioritas, dan jamaah lansia di asrama haji sebab Munakosah memberikan informasi dini kepada jamaah terkait akomodasi yang akan mereka tempati saat di asrama haji.

photo
Calon haji memberi tanda pada koper miliknya saat pengumpulan koper di Gedung Pemkab Kediri, Jawa Timur, Rabu (30/4/2025). Sejumlah koper haji tersebut milik 754 jamaah calon haji gelombang pertama kloter 5 dan 6 dari Kabupaten Kediri yang akan diberangkatkan menuju Tanah Suci pada 2 Mei mendatang. - (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Mekanisme pemberitahuan dilakukan melalui dua hal. Pertama, melalui lembar Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) yang sudah mencantumkan nama gedung dan nomor kamar saat di asrama haji.

"SPMA secara umum sudah dibagikan ke jamaah dua hari sebelum keberangkatan," kata Zain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement