Selasa 15 Oct 2024 16:56 WIB

Penulis Israel: Maaf Harus Kalian Akui, Kita Telah Kalah dalam Perang!

Israel menurut banyak sumber disebut telah kalah dalam perang

Warga Palestina memeriksa puing-puing Masjid Yassin yang hancur setelah terkena serangan udara Israel di kamp pengungsi Shati di Kota Gaza, Senin, 9 Oktober 2023. Data Pusat Satelit PBB (UNOSAT), operasi militer Israel di Jalur Gaza merusak atau menghancurkan hampir 66 persen dari total bangunan di wilayah itu dalam tempo setahun.
Foto: AP Photo/Adel Hana
Warga Palestina memeriksa puing-puing Masjid Yassin yang hancur setelah terkena serangan udara Israel di kamp pengungsi Shati di Kota Gaza, Senin, 9 Oktober 2023. Data Pusat Satelit PBB (UNOSAT), operasi militer Israel di Jalur Gaza merusak atau menghancurkan hampir 66 persen dari total bangunan di wilayah itu dalam tempo setahun.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV- Penulis Israel, Yaoz Sieber, menyebut serangan yang dilancarkan oleh Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) pada 7 Oktober 2023 dan kejadian-kejadian berikutnya selama setahun terakhir telah menunjukkan ketidakmampuan pemerintah Israel dalam melindungi warganya, dan kegagalannya dalam menyusun rencana apa pun untuk mengakhiri perang dan kembali ke kestabilan.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh surat kabar Israel, Zaman, penulis mengatakan bahwa banjir Al-Aqsa meninggalkan kekacauan, ketakutan, dan frustrasi dalam masyarakat Israel, dengan meningkatnya ketegangan internal dan memburuknya kondisi ekonomi dan sosial, yang menimbulkan banyak pertanyaan tentang masa depan negara tersebut

Baca Juga

Israel telah kalah dalam perang

Penulis menekankan bahwa Israel telah kalah setiap hari selama lebih dari satu tahun, dengan lebih dari 1.500 warganya terbunuh, sementara serangan terus berlanjut dengan ribuan roket dan pesawat tak berawak yang datang dari Gaza, Yaman, Lebanon, Suriah, Irak, dan Iran.

Terlepas dari kemajuan teknik dan strategis yang dibuat oleh Israel pada awal tahun 2000-an yang telah memberinya perlindungan sampai sekarang, pasukan lapangan Israel menderita kelelahan dan kelelahan, dan tidak ada yang menawarkan cakrawala atau harapan apa pun dalam waktu dekat, katanya.

Penulis menjelaskan bahwa Israel menyaksikan kemerosotan di semua bidang, keamanan, sosial, ekonomi dan politik, dan tidak ada anggota pemerintah yang mengambil inisiatif untuk menghentikan kemerosotan yang terus menerus ini.

Dia menunjukkan bahwa wilayah utara terbakar dan berkurang penduduknya, begitu juga dengan daerah-daerah di sekitar Gaza, dan ratusan ribu pemukim tidak memiliki tempat tinggal atau masa depan yang jelas.

Tidak ada rencana keluar

Dia juga menganggap bahwa kerugian yang terus berlanjut terkait dengan kegagalan untuk membentuk komite investigasi resmi dan independen yang dikepalai oleh Presiden Mahkamah Agung untuk menyelidiki peristiwa bencana dan membuat rekomendasi untuk mencegah terulangnya peristiwa tersebut, menekankan bahwa melanjutkan perang, menghancurkan infrastruktur dan menargetkan para pemimpin organisasi bersenjata Palestina seperti Yahya Sinwar tidak akan mengubah fakta bahwa Israel telah kalah dalam perang.

Menghentikan perang adalah solusinya

Tidak ada pembicaraan tentang kemenangan dalam perang saat ini, dan tidak ada yang disebut sebagai kemenangan - seperti pidato berapi-api Benjamin Netanyahu - yang dapat menghapus dampak dari 7 Oktober dan kerugian yang diderita Israel setiap hari.

BACA JUGA: Jika Benar-benar Berdiri, Ini Negara 'Islam' Pertama yang Halalkan Alkohol dan Bela Israel

Penulis menyimpulkan bahwa Israel tidak akan bangkit sampai rakyatnya memutuskan untuk mengakhiri putaran perang yang gila dan memikirkan masa depan di luar membunuh para militan atau menghancurkan peralatan, dan ini hanya bisa dilakukan dengan mengubah pemerintahan dan merumuskan visi untuk masa depan yang mencakup penghentian perang dan memulai fase baru.

Majalah Foreign Affairs.... 

https://www.aljazeera.net/politics/2024/10/14/%d9%83%d8%a7%d8%aa%d8%a8-%d8%a5%d8%b3%d8%b1%d8%a7%d8%a6%d9%8a%d9%84%d9%8a-%d8%ae%d8%b3%d8%b1%d9%86%d8%a7-%d8%a7%d9%84%d8%ad%d8%b1%d8%a8-%d9%88%d9%84%d8%a7-%d9%85%d8%b3%d8%aa%d9%82%d8%a8%d9%84

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement