Senin 14 Oct 2024 19:01 WIB

Serangan Mematikan Hizbullah Terhadap Brigade Golani, Pukulan Telak Atas Israel?

Hizbullah masih mampu melakukan serangan terhadap Israel

Tentara Israel membawa peti mati Sersan. Kelas Satu Nazar Itkin, yang terbunuh dalam operasi darat Israel melawan militan Hizbullah di Lebanon, saat pemakamannya di Kiryat Ata, Israel, Minggu, 6 Oktober 2024.
Foto: AP Photo/Baz Ratner
Tentara Israel membawa peti mati Sersan. Kelas Satu Nazar Itkin, yang terbunuh dalam operasi darat Israel melawan militan Hizbullah di Lebanon, saat pemakamannya di Kiryat Ata, Israel, Minggu, 6 Oktober 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Di tengah-tengah derasnya pernyataan para komandan militer Israel bahwa Hizbullah telah menjadi organisasi tanpa kepala setelah pembunuhan Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderalnya, dan barisan pertama para pemimpin militernya, bahwa Hizbullah menghadapi krisis dalam kemampuannya setelah kehilangan sebagian besar rudal-rudal jarak pendek dan menengahnya, dan bahwa angkatan udaranya menderita setelah pembunuhan komandannya, Mohammad Hussein Srour, pada bulan September lalu, Hizbullah melakukan serangan yang paling kejam terhadap para prajurit militer Israel.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Hizbullah mengumumkan bahwa mereka telah menargetkan sebuah kamp pelatihan untuk Brigade Golani di Binyamina, sebelah selatan Haifa, dengan skuadron pesawat tak berawak sebagai tanggapan atas pembantaian yang dilakukan oleh tentara Israel di Beirut dan wilayah lain di Lebanon.

Baca Juga

Rincian dari serangan tersebut masih terus berkembang, dimana tentara Israel mengumumkan bahwa 4 orang tewas dan sekitar 70 orang lainnya terluka, termasuk puluhan orang dalam kondisi serius dan sedang.

Surat kabar Yediot Aharonot melaporkan bahwa investigasi awal mengindikasikan bahwa pesawat tak berawak yang digunakan dalam serangan tersebut adalah Shahid 107, sementara sumber lain mengatakan bahwa pesawat tersebut adalah pesawat tak berawak Mersad yang memiliki jarak tempuh 150-200 kilometer.

Radio IDF mencatat bahwa pesawat tak berawak penyerang menembakkan rudal ke pangkalan pelatihan Brigade Golani sebelum menabrak ruang makan di dalam pangkalan, mengingatkan kembali pada penggunaan pertama kali kelompok itu menggunakan pesawat tak berawak sarat rudal jenis ini pada Mei 2024, ketika pesawat tak berawak yang dipersenjatai dengan dua rudal menyerang pos militer Israel di Metulla.

Apakah serangan itu terjadi dengan satu pesawat tak berawak yang mengenai target sementara pertahanan Israel menembak jatuh pesawat tak berawak lainnya, menurut pernyataan Israel, atau serangan itu dilakukan oleh satu skuadron pesawat tak berawak, seperti yang diumumkan oleh Hizbullah, dan apakah jumlah tentara yang terbunuh adalah empat atau lebih, atau apakah pesawat itu adalah sebuah Shahid atau Samad, serangan itu membawa pesan di luar rincian ini, meskipun datanya penting untuk memahami sifat serangan dan pelajaran yang dipetik darinya di sisi teknis militer.

Meredam serangan Israel

Keberhasilan serangan terhadap pangkalan Brigade Golani, dan kemampuan untuk melewati berbagai lapisan pertahanan udara, terjadi kurang dari sebulan setelah serangan Israel yang keras dan mengejutkan yang diterima Hizbullah, yang merenggut nyawa para pemimpinnya yang paling terkemuka dan banyak gudang senjata serta infrastruktur militernya, yang pada saat itu menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan partai tersebut untuk bersatu dan terus bertempur dalam sistem komando dan kontrol yang efektif dalam lingkungan tersebut.

Keberhasilan pesawat tak berawak dalam mencapai targetnya di selatan Haifa untuk menghantam pangkalan militer ketika para prajurit sedang menyantap makanan, bersamaan dengan penembakan rudal ke arah Nahariya dan Acre untuk mengalihkan perhatian pertahanan Israel pada saat penyerangan, mengindikasikan adanya sistem komando dan kendali yang mengkoordinasikan dan mengorganisir upaya-upaya antara penggunaan kekuatan udara dan rudal, serta adanya informasi intelijen yang akurat tentang lokasi pangkalan yang menjadi target, dan beberapa analisis menunjukkan bahwa Hizbullah mengetahui jadwal pergerakan tentara IDF di pangkalan tersebut dan jadwal makan mereka.

Serangan tersebut merupakan bagian dari serangkaian serangan harian yang menunjukkan kemampuan Hizbullah untuk terus mengelola pertempuran di selatan meskipun ada serangan udara Israel, penembakan artileri, dan upaya untuk maju di darat yang melibatkan empat divisi Israel. Para pejuang Hizbullah masih menembakkan antara 100 hingga 200 roket ke lokasi-lokasi militer, pangkalan dan permukiman setiap hari, menargetkan area-area pementasan IDF dan melawan infiltrasi dan upaya-upaya gerak maju darat, yang pada 13 September lalu menyebabkan sedikitnya 100 tentara Israel terluka jika kita menghitung semua operasi yang terjadi pada hari itu, yang berarti ini adalah hasil terbesar dari jenisnya.

Serangan Binyamina juga membuktikan bahwa agresi terhadap Lebanon tidak akan menjadi piknik, dan bahwa pendudukan dihadapkan pada perang gesekan setiap hari yang membebani mereka secara material dan manusiawi, sehubungan dengan penolakan Haredi untuk mendaftar di militer dan masalah perpanjangan masa kerja tentara cadangan, yang menghilangkan euforia pencapaian berturut-turut yang dicapai melawan Hizbullah sejak pengeboman pager dan radio serta pembunuhan para komandan Pasukan Radwan hingga pembunuhan Nasrallah.

BACA JUGA: Iran Ancam Negara Arab Teluk Jika Berani Izinkan Wilayah Udara Mereka untuk Israel

Secara internal, pada tingkat dukungan sosial dan populer Hizbullah, yang telah mengalami guncangan berturut-turut, yang berpuncak pada pembunuhan Nasrallah, yang mewakili simbolisme tinggi dan kepemimpinan karismatik untuk dukungan tersebut, menimbulkan kerugian pada tentara Israel dan melakukan serangan yang berhasil memperkuat ketabahan dan mendukung kondisi psikologis para anggota Hizbullah dan para pejuangnya, mendorong mereka untuk melanjutkan pertempuran pada tahap kritis dan sensitif di mana para pejabat Amerika Serikat dan Israel membanggakan bahwa Libanon telah memasuki tahap baru di mana Hizbullah tidak lagi memiliki status dan keberadaan seperti sebelumnya.

Di sisi lain, para pejuang Hizbullah menentang klaim-klaim ini, dan pernyataan resmi Hizbullah terus mengindikasikan bahwa mereka akan menggusur lebih banyak pemukim dari Israel utara, dan bahwa kembalinya mereka ke rumah-rumah mereka hanya akan terjadi jika terjadi gencatan senjata di Lebanon dan Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement