Jumat 11 Oct 2024 15:46 WIB

Ini Syarat Agar Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW Ampuh Atasi Masalah

Shalawat mempunyai sejumlah keutamaan

Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad. Shalawat mempunyai sejumlah keutamaan
Foto:

Dia menyatakan bahwa boleh bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan lafazh apa saja, asalkan di dalamnya ada kata shalawat kepada Nabi atau lafaz صلّ اللهم على النبي meskipun tidak disebutkan lafazh tersebut.

Meski demikian, shalawat yang paling utama adalah shalawat Ibrahimiyyah. Konon para sahabat sangat ingin tahu lafazh shalawat kepada beliau, sehingga mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, shalawat kepadamu, kami sudah mengetahuinya, lalu bagaimana kami harus bershalawat untukmu?” Beliau menjawab, “Katakanlah:

اللهم صل على محمد, وعلى آل محمد, كما صليت على آل إبراهيم, إنك حميد مجيد, اللهم بارك على محمد, وعلى آل محمد, كما باركت على آل إبراهيم, إنك حميد مجيد

“Ya Allah, bershalawatlah untuk Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau bershalawat untuk keluarga Ibrahim, Engkau Maha Suci, dan Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberkahi keluarga Ibrahim, Engkau Maha Suci.” (HR Bukhari dan Muslim).

Syekh Ali Jumah menekankan bahwa bershalawat kepada Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- adalah kunci kebaikan, batu loncatan untuk meraih derajat, dan sebab kebahagiaan dunia dan akhirat, karena ia menyucikan jiwa, menentramkan hati, menyelamatkan seorang hamba, mengampuni dosa-dosanya, dan Allah menerimanya meskipun dari seorang non-Muslim, karena ia melekat pada kemuliaan beliau, bukan berarti Allah menerima pahala shalawat dari non Muslim, melainkan shalawat tersebut dibalas oleh-Nya.

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

Makna diterimanya shalawat dari non-Muslim adalah jika ia meminta kepada Allah untuk mendoakan Nabi-Nya, mengasihani dan mengangkat derajatnya, maka hal itu akan terjadi pada Nabi -'alaihimus salam-, namun tidak ada pahala baginya, karena tidak memiliki syarat tauhid.

Semoga Allah mengaruniakan kepada kita untuk selalu bershalawat kepada Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-, mendapatkan manfaat kehadirannya di dunia dan akhirat, serta mendapatkan syafa'atnya di akhirat.

photo
Infografis Shalawat - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement