Kamis 10 Oct 2024 23:39 WIB

Di UIN Jakarta, Imam Besar Masjid Nabawi Singgung Keutamaan Makkah Madinah

Imam Besar Masjid Madinah mengajak umat Islam hormati Makkah Madinah

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaify  mengajak umat Islam hormati Makkah Madinah
Foto: Republika/Prayogi
Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaify mengajak umat Islam hormati Makkah Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Imam Masjid Nabawi, Syekh Ahmad bin Ali Al Hudzaifi mengisi kuliah umum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (10/10/2024). Dalam ceramahnya, ia mengungkapkan rumah ibadah pertama yang dibangun umat manusia. 

Di awal pemaparanya, Syekah Ahmad berucap syukur kepada Allah SWT dan memuji Allah atas terselanggaranya kuliah umum ini. Dia pun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya acara ini, khususnya kepada pemerintah Arab Saudi, yaitu kepada Raja Salman bin Abdul Azis dan putra mahkotanya Muhammad bin Salman (MBS). 

Baca Juga

Menurut dia, pemimpinnya tersebut telah memberikan yang terbaik untuk dua tanah suci yaitu Makkah dan Madinah serta memberikan pelayanan kepada siapapun yang berkunjung di sana dengan segala macam jenis pelayanan. 

"Dan salah satunya adalah untuk menyebarkan hidayah dan petunjuk yang bersumber dari dua Tanah Suci ini ke seluruh alam semesta yaitu hidayah yang dibantu di atas kasih sayang. Hidayah yang dibangun di atas kemanusiaan dan petunjuk dari Allah SWT," ujar Syekh Ahmad di hadapan 2000-an mahasiswa UIN yang mengikuti kuliah umum. Dia pun mengutip firman Allah SWT dalam Alquran: 

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

Artinya: "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam. (QS Ali Imran [3]:96)

Kemudian, Syekh Ahmad juga mengucapkan terima kasih pula kepada Duta Besar Arab Saudi, Faisal Al-Amudi, yang telah memberikan yang terbaik.

"Semoga Allah Azza wa Jalla menjadikannya sebagai amal saleh," ucap Syekh Ahmad.

Syekh Ahmad juga mengucapkan terima kasih kepada Atase agama Arab Saudi, Atase Agama Kedutaan Arab Saudi di Jakarta, Syaikh Ahmad Bin Essa Al Hazimi yang juga telah memberikan kesempatan untuk diadakannya kegiatan-kegiatan ini. 

Syekh Ahmad mengucapkan terima kasih pula kepada Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syekh Abdullatif bin Abdulazi, yang telah senantiasa memberikan perhatian atas kunjungannya ke Indonesia. 

Tak lupa, Syekh Ahmad juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar. Dia pun mengaku sangat bahagia atas sambutan UIN yang hangat dan luar biasa. 

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

"Dan ini menunjukkan bahwa hubungan antara dua negara, antara Saudi dan juga dengan Indonesia, adalah hubungan yang dibangun telah lama sepanjang sejarah, dari dulu sampai sekarang," kata Syekh Ahmad. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement