Selasa 08 Oct 2024 13:42 WIB

Anggota Tubuh Akan Bersaksi di Akhirat, Ini Pertama Berbicara

Di pengadilan akhirat, anggota tubuh akan memberikan kesaksian.

ILUSTRASI Tiap orang akan menjalani pengadilan akhirat.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
ILUSTRASI Tiap orang akan menjalani pengadilan akhirat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiap orang akan menjalani pengadilan di akhirat. Anggota tubuh akan menjadi saksi tentang perbuatan-perbuatan mereka pada hari pembalasan.

Banyak ayat Alquran menerangkan tentang persaksian anggota tubuh manusia terhadap perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan orang tersebut selama hidup di dunia ini. Bukan hanya saksi yang meringankan, anggota-anggota tubuh pun mungkin saja memberatkan beban yang bersangkutan di pengadilan akhirat.

Baca Juga

اَلۡيَوۡمَ نَخۡتِمُ عَلٰٓى اَفۡوَاهِهِمۡ وَتُكَلِّمُنَاۤ اَيۡدِيۡهِمۡ وَتَشۡهَدُ اَرۡجُلُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏

"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan" (QS Yasin: 65).

يَّوۡمَ تَشۡهَدُ عَلَيۡهِمۡ اَلۡسِنَـتُهُمۡ وَاَيۡدِيۡهِمۡ وَاَرۡجُلُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

"Pada hari, (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan" (QS an-Nur: 24).

Lantas bagian tubuh manakah yang akan diberikan Allah SWT kesempatan untuk berbicara?

Imam Al Qurthubi dalam karyanya, At-Tadzkirah bi Ahwal Mauta wa Umur al-Akhirat, menukilkan sebuah riwayat tentang bagian tubuh mana dari umat manusia yang akan berbicara dan bersaksi terkait dengan amal ibadahnya selama hidup di dunia. Terungkap bahwa yang pertama kali berbicara adalah kedua paha. Berikut riwayat yang dinukilkan Imam Al Qurthubi:

عَنْ حَكِيمِ بْنِ مُعَاوِيَةَ الْبَهْزِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ هَاهُنَا تُحْشَرُونَ هَاهُنَا تُحْشَرُونَ هَاهُنَا تُحْشَرُونَ ثَلَاثًا رُكْبَانًا وَمُشَاةً وَعَلَى وُجُوهِكُكُمْ تُوفُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَبْعِينَ أُمَّةً أَنْتُمْ آخِرُ الْأُمَمِ وَأَكْرَمُهَا عَلَى اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَاللَى تَأْتُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَعَلَى أَفْوَاهِكُمْ الْفِدَامُ أَوَّلُ مَا يُعْرِبُ عَنْ أَحَدِكُمْ فَخِذُهُ

Dari Hakim bin Muawiyah Al-Bahziyy dari ayahnya, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "…Di sinilah kalian akan dikumpulkan, di sinilah kalian akan dikumpulkan, dan di sinilah kalian akan di kumpulkan, dalam keadaan berkendaraan dan tak berjalan kaki. Dan kalian akan dikumpulkan pada hari kiamat selepas kematian kalian di antara 70 umat, sedangkan kalian adalah umat yang paling terakhir dari mereka, sementara kalian adalah umat yang dimuliakan di sisi Allah Tabaraka wa Ta'ala. Kalian datang pada hari kiamat dalam keadaan mulut kalian terkunci, dan yang pertama kali berbicara adalah kaki-kaki kalian" (HR Tirmidzi dan Ahmad).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement