Kamis 03 Oct 2024 17:13 WIB

Hadits Singgasana Iblis di Lautan dan Mitos Nyi Roro Kidul

Mitos Nyi Roro Kidul dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa di pantai selatan

Lukisan Nyai Roro Kidul di kamar 308 Hotel Samudra Beach, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.
Foto:

Di sisi lain, Nyi Roro Kidul adalah legenda yang sangat populer pada masyarakat di Pulau Jawa. Sebagian masyarakat hingga saat ini masih percaya terhadap wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul di sepanjang laut selatan Pulau Jawa berikut kekuatan gaib yang dapat memberikan  ketentraman ataupun sebaliknya pada  masyarakat. 

Masih ada warga yang melakukan pelaksanaan upacara penghormatan dan  tidak melanggar pantangan saat berada di pantai selatan. Irvan Setiawan dalam artikelnya berjudul Mitos Nyi Roro Kidul dalam Kehidupan Masyarakat Cianjur Selatan  yang dipublikasikan di Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya menjelaskan, banyak cerita dan legenda  bahwa Nyi  Roro Kidul  sebagai sosok  gaib  penguasa  laut  selatan  pulau Jawa. 

Penampakan dalam bentuk kejadian ataupun lewat mimpi tentang Nyi Roro Kidul yang ditindaklanjuti dalam bentuk kebiasaan melakukan upacara sebagian besar terkonsentrasi pada  lokasi-lokasi  tertentu, seperti di Pantai Parangtritis Yogyakarta, Pantai Pangandaran Ciamis, Jawa Barat, hingga Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut Irvan, kisah Nyi Roro Kidul punya kesamaan  dengan kisah Batara Baruna dalam dunia pewayangan dan kisah Poseidon dalam  mitologi Yunani Kuno. Ketiga kisah tersebut mengkultuskan satu sosok sebagai penguasa lautan. Ketiganya memiliki kewenangan  untuk menjadikan lautan tenang, berombak, bahkan tsunami.

Masyarakat jawa bahkan melakukan sedekah laut atau larung sesaji yang tidak jarang diniatkan untuk meminta perlindungan Nyi Roro Kidul. 

Lekat dengan syirik.. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement