Jumat 27 Sep 2024 10:07 WIB

Teladan Khadijah Sang Istri Nabi

Khadijah selalu mendukung dan setia di sisi suaminya, Nabi Muhammad SAW.

Pemakaman Mala di Kota Mekkah. Beberapa keluarga Rasulullah dikebumikan di Mala. Di antaranya, Sayyidah Khadijah.
Foto:

“Tiap yang bernyawa akan merasakan maut.” Khadijah binti Khuwailid meninggal dunia pada tahun ketiga sebelum Hijriyah. Sang ummul mukminin wafat di Makkah dalam usia 65 tahun. Kala istrinya terkulai lemas, Rasulullah SAW menghampiri sembari berkata, “Engkau pasti tidak menyukai apa yang aku lihat saat ini.”

Sedangkan, Allah telah menjadikan dalam sesuatu yang tidak engkau kehendaki itu sebagai kebaikan. Sebagai pasangan suami istri, perpisahan memang tak diinginkan. Namun, hikmah Allah menanti bagi mereka yang bersabar.

Saat pemakaman jenazah Khadijah, Rasulullah SAW turun ke liang lahat. Dengan tangannya sendiri, beliau memasukkan jenazah istrinya. Betapa berat perasaan Nabi SAW melihat paras wajah wanita yang dicintainya itu untuk terakhir kalinya. Sejarah mencatat, Rasulullah SAW tidak menikah dengan wanita lain ketika bersama Khadijah.

Wafatnya Khadijah menjadikan tahun itu sebagai Tahun Kesedihan. Rasulullah SAW melalui masa itu dengan penuh ketabahan dan kesabaran demi mencapai ridha Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement