Selasa 17 Sep 2024 14:50 WIB

Koyak Israel, Benarkah Rudal Hipersonik Houthi dari Iran? Ini Kata Presiden Pezeshkian

Rudal hipersonik tersebut memiliki kecepatan 16 kali lebih cepat dari suara.

Misil balistik hipersinik Palestine 2.
Foto:

Media Israel, The Times of Israel pada Ahad (15/9) melaporkan bahwa sebuah rudal balistik ditembakkan ke Israel tengah dari Yaman oleh Houthi yang didukung Iran pada Ahad pagi.

Serangan rudal tersebut memicu sirene di Israel tengah pada pukul 6:32 pagi, dengan peringatan terdengar dari timur Tel Aviv hingga Modiin. Menurut penyelidikan Angkatan Udara Israel, rudal Houthi tersebut terkena rudal pencegat, meskipun tidak berhasil menghancurkan target sepenuhnya.

Rudal tersebut telah diidentifikasi saat diluncurkan dari Yaman barat laut sekitar pukul 6:21 pagi, dan sistem pertahanan jarak jauh Arrow diaktifkan untuk mencegatnya. Beberapa rudal pencegat diluncurkan ke target dalam upaya untuk menjatuhkannya.

Setidaknya satu dari pencegat Arrow mengenai rudal tersebut, tetapi tidak menghancurkannya, menurut penyelidikan tersebut. Sebaliknya, pencegat tersebut menyebabkan rudal Houthi pecah di udara, dan hulu ledak, serta bagian-bagian lainnya, jatuh ke tanah.

Pecahan peluru kendali dan pencegat menghantam area terbuka di hutan Ben Shemen, dekat komunitas Kfar Daniel beberapa kilometer di tenggara Bandara Ben Gurion dan memicu kebakaran.

Militer juga berupaya menembak jatuh pecahan peluru kendali yang jatuh menggunakan Iron Dome, yang biasanya digunakan untuk serangan jarak pendek. Serpihan peluru dari pencegat juga menyebabkan kerusakan ringan di stasiun kereta di pinggiran Modiin, sekitar 25 kilometer (18 mil) di sebelah timur Tel Aviv.

IAF menemukan bahwa rudal tersebut, yang memiliki lintasan dan tidak bermanuver saat terbang, bukanlah proyektil hipersonik seperti yang diklaim Houthi. Sasaran serangan tersebut belum diketahui. Polisi mengatakan mereka juga mencari kemungkinan serpihan peluru yang mungkin jatuh di wilayah timur Tel Aviv.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement