Senin 16 Sep 2024 06:59 WIB
Maulid Nabi Muhammad

Kisah Pendeta Buhaira, Takjub Melihat Tanda Kenabian

Sang pendeta berpesan kepada Abu Thalib agar selalu menjaga keponakannya ini.

Ilustrasi Rasulullah
Foto:

Kemudian, tampaklah rombongan kafilah Quraisy yang berasal dari Makkah. Mereka sedang bergerak menuju jalan di depan biara milik pendeta Buhaira.

Buhaira takjub menyaksikan rombongan tersebut dari kejauhan. Sebab, pohon-pohon dan batu-batu di pinggir jalan tampak menunduk begitu dilewati oleh mereka. Gumpalan awan juga selalu menaungi dan melindungi kafilah ini dari terik sinar matahari.

Buhaira semakin terkesima saat melihat adanya seorang anak laki-laki di antara rombongan tersebut. Sang rahib pun berinisiatif untuk menghampiri kafilah ini, yang sedang beristirahat tak jauh dari gerejanya.

"Salam sejahtera untuk kalian, apakah kalian berasal dari Makkah?" kata Buhaira menyapa rombongan ini.

"Benar, wahai Tuan," jawab Abu Thalib, seorang tokoh Quraisy dalam kafilah ini.

Meskipun sedang berbicara dengan mereka, pandangan mata Buhaira tak lepas dari sosok anak kecil yang duduk di samping Abu Thalib. Seakan-akan tidak sabar lagi, ia segera memegang tangan anak itu.

"Ini adalah pemuka alam. Ini adalah utusan Allah, Tuhan semesta alam. Dia ini diutus Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam," katanya.

Sontak para pemuka Quraisy terkejut. "Anda siapa, dan mengapa berkata begitu?" tanya Abu Thalib.

Rahib itu menjawab, “Ketika kalian beranjak dari satu lembah, pohon dan batu di sekitar kalian membungkuk dan bersujud. Mereka tidak sujud kecuali kepada nabi."

"Perkenalkan, saya Buhaira," lanjutnya lagi. "Saya tinggal di biara yang dekat dari sini. Alangkah senangnya saya bila Tuan-tuan bersedia saya jamu di biara saya."

Maka, para tokoh Quraisy mengikuti sang pendeta. Abu Thalib pun turut serta, tetapi menyuruh anak lelaki yang berada dalam pengawasannya itu agar tetap di tempat, untuk menjaga barang-barang mereka.

Halaman selanjutnya ➡️

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement