Jumat 06 Sep 2024 06:29 WIB

9 Tokoh Dunia yang Pernah Kunjungi Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal simbol kerukunan antarumat beragama

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Masjid Istiqlal.
Foto:

6. Raja Salman

photo
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (kedua kanan) berjalan diikuti Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) saat tiba di Istana Merdeka, Jakarta (ilustrasi) - (ANTARA/Rosa Panggabean)

Raja Arab Saudi, ini mengunjungi Masjid Istiqlal pada tahun 2017 selama lawatannya ke Indonesia, yang juga melibatkan pembicaraan bilateral di bidang ekonomi dan keagamaan. Saat berkunjung ke Istiqlal, Raja Salman didampingi langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan sempat menunaikan shalat tahiyatul masjid di Istiqlal.

Raja Salman menjalankan ibadah shalat tahiyatul masjid dengan duduk di kursi, dan didampingi Presiden Joko Widodo, Imam Besar Masjid Istiqlal, serta para ulama. Selain melakukan shalat Tahiyatul Masjid, Raja Salman juga memberikan cinderamata berupa kaligrafi yang tertulis ayat-ayat Alquran dari benang emas ke Masjid Istiqlal.

7. Mahmoud Ahmadinejad

photo
Mahmoud Ahmadinejad - (Reuters/Brendan McDermid )

Mantan Presiden Iran ini mengunjungi Masjid Istiqlal pada tahun 2006 dalam rangka mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Iran. Sebelum ke Istiqlal, Ahmadinejad juga sempat mengunjungi PP Muhammadiyah dan PBNU.

Selama berada di Masjid Istiqlal, dia pun turut melaksanakan salat Jumat dan menyempatkan diri untuk menyampaikan pidato.

8. Recep Tayyip Erdogan

photo
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - (EPA-EFE/Thaier Al-Sudani )

 

Dalam lawatannya ke Indonesia pada 2015 lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga pernah menginjakkan kakinya ke dalam Masjid Istiqlal untuk melaksanakan sholat Jumat. Ia datang bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Erdogan pun kagum terhadap kemegahan masjid Istiqlal. Setelah sholat Jumat, ia pun diundang Presiden Jokowi ke acara jamuan makan malam kenegaraan di Istana Negara, Jakarta.

9. Bill Clinton

photo
Mantan Presiden Bill Clinton mendengarkan saat berpartisipasi dalam Clinton Global Initiative, Selasa, 20 September 2022, di New York. - (AP/Julia Nikhinson)

Sejauh sebelum kunjungan tokoh-tokoh di atas, Presiden AS Bill Clinton juga sudah pernah mengunjungi Masjid Istiqlal pada 1994. Kunjungan itu merupakan bagian dari rangkaian pertemuan para pemimpin APEC. Dalam kunjungannya, Clinton juga melihat-lihat keunikan Istiqlal, mulai dari melihat maket Istiqlal hingga mengamati proses pembuatan mushaf Alquran.

Selain tokoh-tokoh di atas, banyak lagi pemimpin dunia lainnya yang mengunjungi Masjid Istiqlal sebagai simbol perdamaian, toleransi, dan persahabatan antar negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement