Rabu 18 Sep 2024 21:07 WIB

Bangsa Jin Ada yang Masuk Golongan Sahabat Nabi SAW? Ini Penjelasan Ulama

Rasulullah SAW diutus untuk bangsa jin dan manusia

Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW diutus untuk bangsa jin dan manusia
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW diutus untuk bangsa jin dan manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Nabi Muhammad SAW tidak diutus kepada manusia secara khusus, tetapi beliau diutus kepada manusia dan jin sebagai pembawa berita gembira dan peringatan agar mereka memenuhi tujuan penciptaan mereka. Allah Ta'ala berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Baca Juga

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS Adz-Dzariyat: 56).

Nabi SAW biasa bertemu dengan jin dan mengajari mereka, bahkan utusan-utusan mereka sering datang kepada beliau untuk bertanya, meminta fatwa, dan mendengarkan beliau SAW. Allah -Ta'ālā- berfirman (yang artinya):

وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا مِنَ الْجِنِّ يَسْتَمِعُونَ الْقُرْآنَ فَلَمَّا حَضَرُوهُ قَالُوا أَنْصِتُوا ۖ فَلَمَّا قُضِيَ وَلَّوْا إِلَىٰ قَوْمِهِمْ مُنْذِرِينَ

"Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al Quran, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan(nya) lalu mereka berkata: "Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)". Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan." (QS Al-Ahqaf ayat 29)

Dalam ayat lain juga disebutkan:

قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا

"Katakanlah (hai Muhammad): "Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya: telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Alquran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Alquran yang menakjubkan." (QS al-Jin ayat 1).

Telah terbukti bahwa Rasulullah SAW berkali-kali bertemu dengan jin di Makkah dan Madinah, dan dalam beberapa perjalanannya juga, disaksikan oleh Bilal al-Habsyi, Abdullah bin Masud, Zubair bin al-Awwam, dan yang lainnya.

Di antara jin yang masuk Islam dan datang kepada Rasulullah SAW untuk bertanya kepada beliau adalah Jin Nashibain.

Rasulullah SAW bersabda, “Jin-jin Nashibain mendatangiku, lalu mereka meminta makanan kepadaku, maka aku berdoa kepada Allah agar mereka tidak melintasi tulang dan kotoran kecuali mereka mendapatkan makanan di atasnya.” (HR Bukhari).

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Jin yang bertemu dengan Nabi SAW termasuk dalam kategori sahabat. Definisi sahabat di kalangan Ahlus Sunnah wal Jama'ah, sebagaimana yang dinyatakan oleh al-Hafizh al-Iraqi dan Ibnu Hajar, adalah, “Setiap orang yang bertemu dengan Nabi SAW dalam keadaan beriman dan meninggal dalam keadaan demikian.”

Siapa saja yang bertemu dengan Rasulullah SAW dari kalangan jin, lalu ia beriman kepadanya dan meninggal dalam keadaan demikian, maka tidak diragukan lagi ia termasuk golongan para sahabat.

Ibnu Hazam berkata...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement