Jumat 23 Aug 2024 14:25 WIB

Muslim Afrika Ini Jadi Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Kalahkan Elon Musk dan Bill Gates

Mansa Musa memerintah Kekaisaran Mali dari 1312-1337.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Foto lukisan impresi Mansa Musa I
Foto: www.mirror.co.uk
Foto lukisan impresi Mansa Musa I

REPUBLIKA.CO.ID, Mansa Musa adalah salah satu tokoh sejarah paling terkenal dan paling kaya yang pernah ada. Ia adalah seorang penguasa dari Kekaisaran Mali di Afrika Barat pada abad ke-14. Dalam catatan sejarah, kekayaannya sering dianggap lebih besar daripada tokoh-tokoh terkaya modern seperti Elon Musk dan Bill Gates.

Namun, masih sedikit orang yang mengetahui miliarder muslim yang satu ini. Lalu siapa Mansa Musa? Berikut kisah orang terkaya sepanjang sejarah umat manusia yang terlupakan:

Baca Juga

Mansa Musa (Sultan Moussa I) lahir pada 1280 M. Ia memerintah Kekaisaran Mali dari sekitar tahun 1312 hingga 1337. Gelar "Mansa" berarti "raja" atau "kaisar," sehingga namanya berarti "Raja Musa."

Di bawah kepemimpinannya, Kekaisaran Mali mencapai puncak kejayaannya, menjadi salah satu kerajaan terbesar dan terkaya di dunia pada waktu itu. Kekaisaran ini kaya akan sumber daya alam, terutama emas, yang saat itu merupakan komoditas paling berharga di dunia.

photo
Mansa Musa (ilustrasi) - (tumblr.com)

Mansa Musa terkenal karena kekayaannya yang luar biasa, yang berasal dari penguasaan atas tambang emas di wilayah kekuasaannya. Pada masa itu, Mali menguasai sekitar setengah dari seluruh emas yang ada di dunia. Mansa Musa menggunakan kekayaannya untuk membangun infrastruktur, memperluas kerajaan, serta mendukung perkembangan seni dan budaya Islam di wilayahnya.

Pada puncaknya, kekaisaran Mali membentang seluas 500 ribu mil persegi, termasuk 5 persen populasi dunia. kakaisaran Islam ini meningkat pesat selama masa keemasan perdagangan di Afrika. 

Naik haji ke tanah suci

Salah satu peristiwa paling terkenal dalam hidup Mansa Musa adalah perjalanannya (haji) ke Makkah pada tahun 1324. Selama perjalanan ini, ia membawa serta rombongan besar yang terdiri dari ribuan orang, serta emas dalam jumlah besar.

Mansa Musa memulai perjalanan hajinya sejauh 2.700 mil ke Makkah. Rombongannya antara lain, 100 gajah, 60 ribu pria dan wanita, 80 ekor unta yany membawa 21 ribu kilogram emas, serta 12 ribu budak masing-masing membawa dua kilogram emas. Diibaratkan, rombongan itu seperti kota bergerak yang membentang melampaui cakrawala. Dikatakan bahwa Mansa Musa juga begitu murah hati dalam mendistribusikan emas sepanjang perjalanannya, sehingga ia menyebabkan inflasi yang bertahan selama beberapa tahun.

Melebihi kekayaan miliarder modern..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement