Kamis 22 Aug 2024 20:00 WIB

Sosok Ulama Ini Pernah Prediksikan Erdogan Jadi Orang Berpengaruh Turki

Erdogan sangat mengagumi Syekh Al-Fatih Hassanein

Presiden Erdogan bersama Syekh Hassanein (paling kiri)
Foto:

Erdogan mengirim ke guru spiritualnya itu pesawat ambulans pribadi pada Juli Juli 2018 dengan staf medis di tingkat tertinggi, segera setelah dia mendengar bahwa Syekh Hassanein sakit dan memindahkannya untuk perawatan di Turki.

Lantas siapa Hasssanein?

Tokoh kelahiran, 1946 di Kota Karkoj di negara bagian Sennar di tenggara Sudan ini adalah dai, revolusioner, dan salah satu pemimpin terpenting yang membela kehadiran Muslim di Eropa Timur

Dokter Sudan itu menjalin hubungan dengan para pemimpin gerakan amal dan advokasi di Turki, dan mendirikan Sekolah Ghazi Ali Izzat Bey di Istanbul.

Kemudian, dia bekerja sebagai penasihat Presiden Bosnia dan Herzegovina Begovic dan Kuasa Usaha selama berbulan-bulan di tahun sembilan puluhan.

Al-Fateh memiliki hubungan dekat dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sejak tahun tujuh puluhan abad kedua puluh, dan Erdogan menggambarkan Al-Fateh sebagai syekh dan gurunya.

Sumber mengatakan bahwa Badan Dunia Ketiga yang didirikan oleh Fatih Hassanein di Austria berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan negara Bosnia dan Herzegovina dan mendukung kehadiran Islam di Eropa Timur, terutama di Albania dan Kosovo.

Di antara kegiatan advokasinya adalah mencetak makna Alquran dalam bahasa Bosnia, Albania, Bulgaria, Ceko dan, Rumania, dan dia juga bekerja untuk menerjemahkan banyak buku Islam ke dalam sejumlah bahasa Eropa Timur, dan menerbitkan majalah "Al-Shahida", yang membahas berita tentang minoritas Muslim di sana.

Dia memainkan peran Islam yang penting di Eropa Timur, di mana dia ditunjuk sebagai penasihat Presiden Bosnia Alija Izetbegovic, mengetuai Dewan Pengawas Asosiasi Maroko di Austria, mendirikan Dewan Islam Eropa Timur dan Sekolah Tinggi di Provinsi Bihaj di Bosnia, dan mengepalai Badan Bantuan Dunia Ketiga.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Beograd ini mempunyai sejumlah karya tulis antara lain Jisr Ala Nahr ad-Dirna, Ath-Thariq Ila Fauja, Lam’an al-Buruq fi Sirat Maulana Ahmad Zaruq, Ma’sat al-Muslim fi Bulgaria, dan al-Mausu’ah al-Usar al-Magharibah wa Ansabaha fi as-Sudan.

Penyabet gelar diploma penyakit dalam dari Universitas Wina di Austria ini setelah itu Hassanein tinggal selama beberapa waktu di Turki, di mana ia bertemu dengan mendiang Alija Izetbegovic, yang kemudian menjabat sebagai Presiden Bosnia dan Herzegovina.

Keluarga Fatih Ali Hassanein mengumumkan kematiannya pada fajar pada Senin, 19 Agustus 2024 di Istanbul setelah menderita sakit.

Putranya Mohamed Al-Fateh mengatakan kepada Al Jazeera Net bahwa ayahnya dirawat di perawatan intensif dua pekan sebelum kematiannya di rumah sakit Istanbul setelah menderita efek pneumonia parah.

Sumber: Aljazeera

photo
Infografis Erdogan Jadi Person of the Year - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement