Kamis 08 Aug 2024 13:29 WIB

Di Balik Kerusuhan Inggris, Terduga Pelaku Pembunuhan Kristen yang Diamuk Malah Muslim?

Kerusuhan rasial di Inggris bukanlah hal yang baru

Para pengunjuk rasa tandingan berkumpul menentang kelompok antiimigrasi dan anti-Islam di Birmingham, Inggris, Rabu, 7 Agustus 2024.
Foto: PA via AP
Para pengunjuk rasa tandingan berkumpul menentang kelompok antiimigrasi dan anti-Islam di Birmingham, Inggris, Rabu, 7 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL— Muslim Inggris, pencari suaka dan warga kulit hitam Inggris telah menjadi target utama dari serangan kekerasan rasis terburuk di Inggris selama beberapa generasi.

Kerusuhan dimulai setelah para penghasut sayap kanan menyebarkan informasi yang salah secara online, yang secara keliru mengklaim bahwa seorang Muslim bertanggung jawab atas pembunuhan tiga anak dalam sebuah serangan mengerikan pada 29 Juli 2024 lalu, dia kemudian diidentifikasi sebagai seorang Kristen kelahiran Inggris keturunan Rwanda.

Baca Juga

Tak lama setelah pembunuhan tersebut, para aktivis sayap kanan yang terorganisir membajak sebuah acara peringatan bagi anak-anak untuk mendorong massa menyerang sebuah masjid setempat.

Dalam beberapa hari, kerusuhan anti-Muslim, anti-migran dan rasis telah menyebar ke kota-kota di seluruh Inggris, dengan laporan kekerasan serius dan intimidasi terhadap penduduk Inggris dari semua ras, perusakan mobil dan properti serta penjarahan tempat usaha.

Dalam beberapa hari terakhir, Inggris telah menyaksikan gelombang kekacauan kekerasan. Banyak dari mereka yang terlibat tidak diragukan lagi termotivasi, bukan oleh politik, melainkan oleh jenis kegembiraan yang telah lama dimiliki oleh para perusuh sepak bola di seluruh dunia dalam menyerang pihak berwenang.

Baca juga: Garda Revolusi Iran Berikan Bocoran Skenario Serangan ke Israel, Lantas Kapan Dieksekusi?

Namun, tidak diragukan lagi bahwa serangan-serangan tersebut dipicu dan didalangi oleh para ekstremis sayap kanan yang memanfaatkan apa yang, sayangnya, sering kali merupakan prasangka yang meluas - terutama jika menyangkut orang kulit berwarna, Muslim, dan pencari suaka.

Bukan al baru

Tentu saja, kerusuhan yang seolah-olah didorong oleh kebencian agama dan ras serta penentangan terhadap imigrasi bukanlah hal yang baru di Inggris. Bahkan, kita bisa kembali ke 1780 untuk melihat London mengalami kekacauan anti-Katolik Roma selama sepekan, sementara pada akhir 1950-an, berbagai kota mengalami "kerusuhan ras" yang dipicu oleh orang-orang kulit putih yang menolak kedatangan imigran kulit hitam dan Asia Selatan dari Persemakmuran Inggris.

Baru-baru ini...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement