Senin 29 Jul 2024 11:52 WIB

Roket Pembunuh 12 Warga Sipil di Majdal Shams Milik Hizbullah atau Israel? Ini Analisisnya

Majdal Shams tidak pernah menjadi sasaran serangan Hizbullah.

Sepeda duduk di samping area yang terkena roket yang menewaskan banyak anak dan remaja di lapangan sepak bola di kota Druze Majdal Shams, di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Sabtu, 27 Juli 2024.
Foto:

Adapun bukti yang dikumpulkan dari lokasi jatuhnya roket merupakan kawah yang dibentuk oleh proyektil memiliki lebar sekitar 2 meter dan kedalaman beberapa sentimeter. Ukuran ini mengindikasikan bahwa hulu ledak yang meledak di daerah itu jauh lebih kecil dari 50 kg dan lebih dekat ke kisaran 10 kg.

Sebagai perbandingan, kawah yang dibentuk oleh roket Falaq-1 di Kiryat Shmona menghancurkan semen dan menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur di dekatnya seperti yang terlihat dalam video di bawah ini.

Roket Falaq-1 adalah salah satu peluru artileri roket terberat milik Hizbullah yang dapat ditembakkan dari berbagai peluncur roket dan dapat menyebabkan kerusakan yang luas pada target.

Di sisi lain, kawah yang terlihat di Majdal Shams bisa jadi lebih dekat dengan rudal Tamir.

Kemungkinan Hizbullah menggunakan amunisi kaliber yang lebih kecil untuk melakukan serangan tersebut tidak mungkin terjadi, karena pihak berwenang Israel mengklaim bahwa amunisi yang digunakan dalam serangan tersebut adalah roket Falaq-1.

Api besar yang dihasilkan oleh propelan cair

Aspek lain yang perlu diteliti adalah jumlah pembakaran yang relatif besar yang terjadi sebagai akibat dari benturan di lapangan sepak bola.

Hulu ledak berdaya ledak tinggi umumnya tidak menghasilkan bola api yang besar pada saat meledak. Sebaliknya, hulu ledak ini menciptakan gelombang ledakan yang kuat dan fragmentasi yang intensif. Ledakan hulu ledak HE terutama menghasilkan panas, gelombang kejut, dan pecahan peluru daripada bola api yang terlihat. Bola api yang berukuran besar dan terlihat biasanya dikaitkan dengan pembakaran bahan bakar, seperti yang ditemukan di mesin roket atau tangki bahan bakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement