Senin 29 Jul 2024 11:52 WIB

Roket Pembunuh 12 Warga Sipil di Majdal Shams Milik Hizbullah atau Israel? Ini Analisisnya

Majdal Shams tidak pernah menjadi sasaran serangan Hizbullah.

Sepeda duduk di samping area yang terkena roket yang menewaskan banyak anak dan remaja di lapangan sepak bola di kota Druze Majdal Shams, di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Sabtu, 27 Juli 2024.
Foto: AP Photo/Leo Korea
Sepeda duduk di samping area yang terkena roket yang menewaskan banyak anak dan remaja di lapangan sepak bola di kota Druze Majdal Shams, di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Sabtu, 27 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Militer Israel menuding jika kelompok perlawanan bersenjata asal Lebanon, Hizbullah, berada di balik meledaknya sebuah roket di kota yang diduduki penjajah, Majdal Shams, pada Sabtu (27/7/2024). Roket tersebut menewaskan 12 warga sipil termasuk sepuluh anak-anak. 

Militer penjajah Israel bahkan menyebutkan jenis roket artileri yang digunakan dalam serangan tersebut, yang diklaim sebagai roket Falaq-1. Kelompok pejuang Hizbullah di Lebanon membantah keras keterlibatan mereka. Hizbullah mengaku tidak bertanggung jawabnya atas serangan mematikan terhadap desa di Golan Suriah yang diduduki Israel tersebut.

Baca Juga

Al-Mayadeen, media yang berbasis di Lebanon, menganalisis objek serangan dan video yang merekam momentum roket tersebut meledak. Al-Mayadeen pun mengungkapkan beberapa fakta yang mesti diperjelas sebelum menganalisis meledaknya roket tersebut.

Pertama, para pejabat Israel mengatakan bahwa pasukan pendudukan Israel dapat mengidentifikasi roket yang digunakan dalam serangan tersebut sebagai roket Falaq-1, yang dilaporkan membenarkan kecurigaan mereka.

Roket Falaq-1 adalah roket artileri dengan spesifikasi sebagai berikut:

- Kaliber 240 mm

- Panjang 1.320 mm

- Diperkirakan memiliki jangkauan 10 km

- Langit-langit penerbangan maksimum 3,5 km

- Hulu ledak berdaya ledak tinggi seberat 50 kg

- Roket berbahan bakar propelan padat

Kedua, hulu ledak berdaya ledak tinggi biasanya berisi campuran bahan peledak bersama komponen yang akan menjadi pecahan peluru. Roket tersebut didorong oleh tekanan yang disebabkan oleh bahan peledak yang disebutkan di atas. Setelah tumbukan dengan permukaan, sebuah kawah akan terbentuk.

Ukuran kawah ini bervariasi sesuai dengan beberapa faktor diantaranya yakni massa bahan peledak, tekanan yang dihasilkan oleh hulu ledak ke dalam tanah, dan komposisi permukaan, di antara elemen-elemen lainnya. Ketiga, roket Falaq menghabiskan propelan padat kurang dari 2 detik setelah ditembakkan.

Kegagalan sistem pencegat rudal Iron Dome Israel

Nuansa penting lainnya yang akan membantu penyangkalan Hizbullah atas keterlibatannya adalah kegagalan pencegat Kubah Besi (pencegat) dengan menembakkan rudal ke permukaan udara, yang disebut Tamir. Kegagalan tersebut terjadi dalam beberapa kesempatan beberapa bulan terakhir.

Termasuk, jatuhnya pencegat Iron Dome di Tel Aviv pada awal Desember 2023 dan kebakaran yang disebabkan oleh pencegat Israel di al-Jalil yang diduduki setelah pencegatan yang gagal terhadap pesawat tak berawak Hizbullah pada 25 Juli 2024.

photo
Tentara Israel melintasi area yang terkena roket yang menewaskan banyak anak dan remaja di lapangan sepak bola di kota Druze Majdal Shams, di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Sabtu, 27 Juli 2024. - (AP Photo/Leo Korea)

Ada banyak insiden semacam itu, dengan beberapa di antaranya tertangkap kamera secara langsung, diantaranya yakni peristiwa ketika rudal Tamir Israel menghantam rumah sakit di Tel Aviv pada 6 November 2023. Beberapa masalah teknis yang terkait dengan baterai Iron Dome dapat mengakibatkan kegagalan pencegatan. Masalah-masalah ini termasuk radar pengaktifan yang tidak berfungsi, pencari radar yang rusak, sensor peledakan diri yang rusak, dan motor yang rusak, di antara potensi masalah lainnya.

Hal yang paling berbahaya adalah kerusakan pada sensor peledakan diri, yang membuat operator tidak dapat menghancurkan rudal permukaan ke udara.

Apakah rudal Tamir Israel menghantam Majdal Shams?

Sangat mungkin bahwa kesalahan pada rudal permukaan ke udara yang ditembakkan dari peluncur Iron Dome tepat di belakang Majdal Syam menyebabkan tewasnya belasan warga sipil.

Majdal Shams, yang merupakan salah satu kota yang diduduki oleh “Israel” pada tahun 1967, merupakan rumah bagi sebagian besar orang Arab Druze Suriah dan sebagian kecil pemukim Israel.  Kota ini memiliki penduduk asli yang terwakili secara signifikan. Mereka tidak pernah menjadi objek serangan langsung Perlawanan Islam di Lebanon sejak 8 Oktober 2023.

Meskipun Perlawanan telah meluncurkan senjata yang sangat presisi seperti peluru kendali anti-tank dan drone ke posisi militer Israel di kota-kota seperti Arab al-Aramshe, Israel, mereka tidak pernah menembakkan senjata artileri roket tanpa kendali ke kota-kota ini.

Selama hampir 300 hari konfrontasi sengit di dekat perbatasan Lebanon-Palestina, Majdal Shams tidak pernah menjadi sasaran serangan Hizbullah. Perlawanan juga tidak malu-malu menerima tanggung jawab atas kecelakaan di masa lalu, seperti sebuah insiden dalam perang 2006 di Lebanon ketika sebuah roket yang diluncurkan oleh pejuang Hizbullah menghantam sebuah rumah di al-Nasirah yang diduduki.

Serangan itu terjadi pada 19 Juli 2006, dan Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengambil kesempatan terdekat, di tengah-tengah perang yang sedang berlangsung untuk meminta maaf kepada keluarga tersebut.

“Kepada keluarga yang menjadi korban di al-Nasirah - atas nama saya dan saudara-saudara saya, saya meminta maaf kepada keluarga ini,” katanya.

“Beberapa peristiwa seperti itu terjadi. Bagaimanapun, mereka yang terbunuh di al-Nasirah, kami menganggap mereka sebagai martir untuk Palestina dan martir untuk bangsa. Saya turut berbelasungkawa kepada mereka.”

 

Kawah jejak ledakan..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement