Rabu 24 Jul 2024 11:43 WIB

Waspada, Jika Gunung yang Disebut Nabi Muhammad ini Muncul, Berarti akan Kiamat

Gunung juga menjadi bagian pertanda kiamat terjadi.

Ilustrasi gunung.
Foto:

Eufrat berasal dari bahasa Yunani, Eupharates yang awalnya berasal dari bahasa Persia kuno yakni Ufratu. Pada era kuno, dieja dengan huruf paku dibaca oleh orang Sumeria sebagai Buranuna dan Purratu disebut oleh orang Akkadia. Sungai ini memiliki kedalaman maksimumnya mencapai 3 meter dan panjang sekitar 2.800 km yang berada dalam tiga negara: Irak, Turki, Suriah. Sungai Efrat mengandung banyak sekali fakta di dalamnya dari pelbagai aspek seperti sejarah, keanekaragaman hayati.

Jika debit air sungai ini menyusut, apalagi mengering, kemudian muncul gunung emas di sana, maka nantinya manusia akan saling berperang memperebutkannya. Jika gunung ini muncul, maka orang beriman dianjurkan menghindari gunung tersebut, jangan pernah terbesit pikiran hendak mendekati, apalagi mengambil bongkahan emas tersebut.

يُوشِكُ الْفُرَاتُ أَنْ يَحْسِرَ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ، فَمَنْ حَضَرَهُ فَلَا يَأْخُذْ مِنْهُ شَيْئًا

“Segera saja sungai Eufrat akan mengering lalu nampaklah gunung emas. Barangsiapa yang menjumpainya, jangan diambil sedikit pun.” (HR. Muslim no. 2894)

Imam ahli hadits Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan penyebab larangan mencomot emas dari gunung itu adalah untuk mengantisipasi kekacauan dan pertumpahan darah akibat manusia saling membunuh. (Fathul Baari, 13/81)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement