Rabu 24 Jul 2024 07:57 WIB

Misteri Gunung 'Langit' Paling Tinggi di Tata Surya Tersebut dalam Surah an-Nur ayat 43?

Allah menciptakan gunung sebagai penyangga bumi dan planet.

Gunung Olympus Mons di Mars
Foto:

Profil Gunung Olympus Mons

Tinggi gunung ini mencapai 24 kilometer, 2,5 kali lipat dari tinggi Gunung Everest. Sebagai gunung berapi perisai, Olympus Mons menyerupai bentuk gunung berapi besar yang membentuk Kepulauan Hawai. Bangunan itu lebarnya sekitar 600 km (370 mil).

Gunung ini meliputi area seluas sekitar 300.000 km persegi. Diperkirakan seukuran kawasan negara Italia atau Filipina. Kemudian ditopang oleh litosfer setebal 70 km (43 mil). Ukuran Olympus yang luar biasa kemungkinan besar karena Mars tidak memiliki lempeng tektonik bergerak.

Berbeda dengan di Bumi, kerak Mars tetap berada di atas titik panas yang statis , dan gunung berapi dapat terus mengeluarkan lava hingga mencapai ketinggian yang sangat tinggi.

Sebagai gunung berapi perisai, Olympus Mons memiliki profil yang sangat landai. Kemiringan rata-rata di lereng gunung berapi ini hanya 5 persen.

Lereng paling curam di dekat bagian tengah lereng dan semakin dangkal ke arah dasar, sehingga lerengnya memiliki profil cekung ke atas. Sisi-sisinya lebih dangkal dan memanjang lebih jauh dari puncak ke arah barat laut daripada ke arah tenggara. Bentuk dan profil gunung berapi ini disamakan dengan "tenda sirkus" yang ditopang oleh satu tiang yang bergeser dari tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement