Selasa 23 Jul 2024 17:26 WIB

Dahsyatnya Gunung: Sering Dibuat Rasulullah SAW Permisalan Ganjaran Pahala, Ini Contohnya

Rasulullah SAW jadikan gunung permisalan ganjaran hamba

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat jenazah. Rasulullah SAW jadikan gunung permisalan ganjaran hamba
Foto:

Tidak hanya itu, ada juga amal kebaikan yang pahalanya hingga dua kali besarnya Gunung Uhud. Sementara, Gunung Uhud itu memiliki lingkar sekitar tujuh kilometer. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ شَهِدَ الجَنَازَةَ حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهَا فَلَهُ قِيراطٌ وَمَنْ شَهِدَهَا حَتَّى تُدْفَنَ فَلَهُ قِيرَاطَانِ قِيلَ : وَمَا القِيرَاطانِ قَالَ: مِثْلُ الجَبَلَيْنِ العَظِيمَيْن

“Siapa yang menyaksikan jenazah hingga dishalatkan, maka ia mendapatkan satu ‘qirath’. Dan siapa yang menyaksikan jenazah hingga dikuburkan, maka ia mendapatkan dua qirat. Rasulullah ditanya: “Apa itu dua qirath.” Beliau menjawab: “Dua qirath itu seperti dua gunung yang besar.” (Muttafaqun ‘alaihi, Diriwayatkan oleh Bukhari no  1325 dan Muslim no 945)

Berdasarkan hadits di atas, maka seorang Muslim yang melaksanakan sholat jenazah akan diberikan pahala sebesar satu qirath (satu Gunung Uhud).

Dan bagi mereka yang menyalatkan, kemudian mengantarkan hingga menguburkan jenazah ke peristirahatannya yang terakhir, maka dia akan diberikan balasan pahala hingga dua qirath, atau dua kali besarnya Gunung Uhud.

Itulah beberapa amalan yang pahalanya sebesar gunung. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan dan mendapatkan rahmat serta ridha dari Allah SWT. Amin 

photo
Tata cara pemakaman jenazah pasien corona atau Covid-19 - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement