Selasa 23 Jul 2024 17:26 WIB

Dahsyatnya Gunung: Sering Dibuat Rasulullah SAW Permisalan Ganjaran Pahala, Ini Contohnya

Rasulullah SAW jadikan gunung permisalan ganjaran hamba

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat jenazah. Rasulullah SAW jadikan gunung permisalan ganjaran hamba
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi sholat jenazah. Rasulullah SAW jadikan gunung permisalan ganjaran hamba

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Setiap Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah sebagai bentuk ketaatan dan cinta kepada Allah SWT. Amal ibadah yang dilakukan dengan ikhlas dan sesuai dengan ajaran Islam akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah.

Dalam Alquran, Allah SWT berjanji untuk memberikan pahala kepada hamba-Nya yang beramal saleh, sebagaimana disebutkan dalam surah Al-Baqarah ayat 261. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Baca Juga

وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "...Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Mahamengetahui."(QS Al-Baqarah [2]:261)

Bahkan, dalam sebuah hadits Allah SWT akan memberikan pahala sebesar gunung kepada hambanya. Lalu amalan apa yang pahalanya sebesar gunung itu?

Dalam beberapa hadits Nabi SAW telah dikatakan bahwa seorang Muslim bisa mendapatkan pahala yang besarnya seperti gunung. Di antaranya sebagai berikut:

Diriwayatkan dari Imran bin Husain, ia menyampaikan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Apakah seseorang di antara kalian setiap hari tidak mampu mengamalkan suatu amalan sebesar Gunung Uhud?"

Para sahabat pun menjawab, "Ya Rasulullah, siapa yang mampu melakukan amalan sebesar Gunung Uhud setiap hari?"

Nabi SAW bersabda, "Kalian semua mampu."

Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana caranya?"

Rasulullah SAW bersabda, "Ucapan Subhanallah (سُبْحَانَ اللَّهِ) lebih besar (pahalanya) daripada Gunung Uhud, ucapan Laa ilaaha illallah (لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ) lebih besar daripada Gunung Uhud, ucapan Alhamdulillah (اَلْحَمْدُلِلَّهِ) lebih besar daripada Gunung Uhud, dan ucapan Allahu Akbar ( اللَّهُ أَكْبَرُ) lebih besar daripada Gunung Uhud."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement