Senin 15 Jul 2024 06:59 WIB

Yaman Ungkap Jaringan Spionase Israel-Amerika

Jaringan spionase itu dinilai bertujuan merusak generasi muda Yaman.

Warga Yaman
Foto:

Koresponden Al-Mayadeen mengonfirmasi bahwa dinas keamanan Yaman di Sanaa akan menyiarkan pengakuan para anggota sel spionase Amerika-Israel yang menargetkan aspek budaya Yaman.

Pada tanggal 10 Juni, Pasukan Keamanan Yaman menemukan sebuah jaringan spionase besar yang dioperasikan oleh badan-badan intelijen Amerika dan Israel. Para pejabat mengungkapkan bahwa jaringan tersebut telah aktif di berbagai institusi di Yaman sejak tahun 2015.

Sebuah sumber keamanan mengatakan kepada Al-Mayadeen bahwa Atase Kebudayaan di kedutaan besar AS di Yaman menargetkan semua segmen masyarakat Yaman, di mana sel-sel dipikat dan direkrut untuk mengumpulkan informasi.

photo
Aksi spionase (ilustrasi). - (gadabimacreative.blogspot.com)

Sumber tersebut menunjukkan bahwa pengakuan jaringan mata-mata tersebut akan mengungkapkan bahwa kedutaan besar AS tidak lebih dari sebuah sarang spionase dan alat untuk melakukan sabotase dan bahwa Atase Kebudayaan di kedutaan besar AS di Yaman memiliki hubungan dengan badan intelijen AS, CIA.

Selain itu, sumber tersebut menyoroti bahwa Yaman, dalam fase-fase sebelumnya, telah menjadi pusat proyek-proyek yang merusak, dan rezim sebelumnya turut andil dalam hal ini.

Menurut sumber tersebut, pengakuan tersebut akan mengungkapkan upaya AS untuk melaksanakan proyek-proyek permusuhan terhadap Yaman dengan mengumpulkan informasi rinci dan survei komprehensif, yang sangat difokuskan oleh kedutaan besar AS.

Di tempat lain, sumber tersebut mengatakan kepada Al Mayadeen bahwa informasi yang akan diungkap oleh dinas keamanan dari pengakuan jaringan mata-mata tersebut hanyalah sebagian kecil dari upaya Amerika untuk menargetkan aspek budaya di Yaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement