Rabu 10 Jul 2024 08:42 WIB

Ini Permisalan Fenomena Ruwaibidhah Tanda Kiamat yang Muncul Akhir-Akhir ini

Ruwaibidhah merupakan orang-orang yang dijelaskan berikut ini.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Kiamat.
Foto:

Kiai Ubaidi Hasbillah menerangkan, Ruwaibidhah dalam konteks ini merujuk pada orang-orang yang tidak memiliki kapasitas atau pengetahuan yang memadai namun berbicara atau mengurusi perkara umum, termasuk urusan agama.

Ia menegaskan, ini memang salah satu yang merusak agama adalah ketika orang tidak berilmu, tidak berkompeten, tampil berbicara dan berfatwa untuk publik. Kompetensi, keilmuan, dan keahlian tidak lagi diperlukan. Melainkan yang diperlukan sekedar misalnya popularitas atau hal-hal lain yang tidak mendasar.

"Fenomena sekarang, di mana banyak orang dengan pemahaman agama yang dangkal berbicara di saluran publik (seperti media sosial), mencampuradukkan agama dengan perdukunan atau mengaku bisa berbicara dengan makhluk gaib, malaikat, arwah para nabi, dan lain-lain adalah salah satu cerminan dari apa yang dimaksud dengan Ruwaibidhah ini," ujar Kiai Ubaidi Hasbillah.

Menurutnya, sebenarnya fenomen seperti itu hal yang mungkin saja terjadi. Namun masalahnya Ruwaibidhah itu menjadikan hasil pertemuan dengan mahluk gaib itu sebagai dasar hukum atau pedoman kebenaran. Mereka seringkali tidak memiliki dasar ilmu agama yang kuat dan malah menyesatkan masyarakat dengan klaim-klaim yang tidak berdasar.

"Fenomena ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kebingungan di tengah umat, merusak akidah, dan menyebarkan pemahaman yang keliru tentang agama," jelas Kiai Ubaidi Hasbillah.

Oleh karena itu, Kiai Ubaidi Hasbillah mengingatkan, penting bagi semua untuk berhati-hati dan mencari ilmu dari sumber-sumber yang terpercaya dan memiliki keilmuan yang diakui.

"Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk terus belajar dan memahami agama dengan benar serta menjauhkan diri dari segala bentuk penyimpangan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement