Kamis 04 Jul 2024 05:02 WIB

'Cinta Rahasia' Israel dan Singapura di Balik Lonjakan Impor Israel ke Indonesia

Hubungan antara Israel dan Singapura dimulai pada 1965.

Rep: Tim Republika/ Red: A.Syalaby Ichsan
Hubungan diplomatik Israel dengan Singapura
Foto:

Pada Januari 1968, korps lapis baja Singapura dibentuk secara rahasia. Mereka membeli 72 tank ringan AMX-13 dari militer Israel (IDF). Malaysia, pada saat itu, tidak memiliki tank. Adam Tzivoni, pensiunan kolonel Angkatan Udara Israel, datang untuk memberi saran kepada angkatan udara Singapura yang masih muda. Inggris menawarkan Singapura 50 juta poundsterling untuk membeli peralatan Inggris. Tzivoni membatalkan kesepakatan itu.

"Inggris mencoba menjual sampah kepada Singapura," katanya. Tidak heran jika Inggris tidak menyukainya. Sebuah sekolah penerbangan didirikan di Singapura di bawah pengawasan Tzivoni dan helikopter Alouette modern dibeli.

 

Mengapa peran Israel dalam membantu Singapura dirahasiakan?

Barzilai mengungkapkan, orang-orang Israel sebenarnya ingin buru-buru memberi tahu semua teman mereka [tentang membantu Singapura], tetapi berhasil mengatasi keinginan itu. Ketakutan bahwa hubungan tersebut akan diputus jika diketahui publik memiliki dampak. Israel memberlakukan pembungkaman total terhadap cerita tersebut dan rahasia itu tetap terjaga. Sampai pihak lain tidak bisa lagi menahan diri.

Pada saat itu, ketegangan dengan negara tetangga Malaysia dan Indonesia sedang tinggi. Ada ancaman konstan bahwa salah satu atau keduanya akan menyerbu Singapura dan mendudukinya. Perdana Menteri pendiri negara tersebut, Lee Kuan Yew, mengatakan kepada menteri pertahanannya, Goh, untuk merahasiakan operasi Israel dari mata publik agar tidak menimbulkan kecurigaan baik di dalam negeri maupun di negara-negara Muslim yang berdekatan.

Bagaimana dengan hari ini? Shlomo menulis, media sosial akan mengekspos bantuan militer Israel ke Singapura secara real time, yang mungkin tidak akan berakhir.

Sejak saat itu, Singapura telah berkembang. Singapura modern memiliki 5,6 juta penduduk yang tinggal di pulau sepanjang 48 km dengan luas 7.800 km persegi. Dengan PDB per kapita sebesar 91.000 dolar, Singapura merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Angkatan bersenjatanya kecil, modern, dan tangguh. Negara ini memiliki tiga kelompok etnis utama - Tionghoa (74%), Melayu (14%), dan India (9%) - yang bekerja sama dan hidup berdampingan. Seperti Israel, Singapura memiliki pabrik fabrikasi Intel yang sangat modern dan merupakan pusat Asia Tenggara bagi banyak perusahaan raksasa global.

sumber : The Jerussalem Post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement