Rabu 03 Jul 2024 10:23 WIB

Saat Genosida Berlangsung, Israel Diserang 'Pasukan' Nyamuk West Nile

Virus ini ditularkan secara alami hanya melalui nyamuk yang terinfeksi

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Nyamuk penyebab virus west nile
Foto:

Dilansir dari WHO, West Nile Virus (WNV) pertama kali diisolasi pada seorang wanita di distrik Nil Barat di Uganda pada tahun 1937. Virus ini diidentifikasi pada burung (gagak dan columbiformes) di wilayah delta Sungai Nil pada tahun 1953. Sebelum tahun 1997, WNV tidak dianggap patogen bagi burung, tetapi pada saat itu di Israel, jenis yang lebih ganas menyebabkan kematian berbagai spesies burung yang menunjukkan tanda-tanda radang otak dan kelumpuhan. Infeksi pada manusia yang disebabkan oleh WNV telah dilaporkan di banyak negara di Dunia selama lebih dari 50 tahun.

Pada tahun 1999, WNV yang beredar di Israel dan Tunisia diimpor ke New York dan menyebabkan wabah besar dan dramatis yang menyebar ke seluruh benua Amerika Serikat (AS) pada tahun-tahun berikutnya. Wabah WNV di Amerika Serikat (1999-2010) menyoroti bahwa impor dan pembentukan patogen yang ditularkan melalui vektor di luar habitatnya saat ini merupakan bahaya serius bagi dunia.

Wabah terbesar terjadi di Yunani, Israel, Rumania, Rusia, dan Amerika Serikat. Lokasi wabah berada di rute migrasi burung-burung utama. Dalam wilayah sebaran aslinya, WNV tersebar di seluruh Afrika, sebagian Eropa, Timur Tengah, Asia Barat, dan Australia. Sejak diperkenalkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat, virus ini telah menyebar dan sekarang telah menyebar luas dari Kanada hingga Venezuela.

photo
West Nile Virus - ([ist])

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement