Senin 01 Jul 2024 17:15 WIB

Muhammadiyah Sulawesi Selatan Tanam Pohon Wujudkan Mmasyarakat Cerdas Iklim

Muhammadiyah akan terus menggiatkan program penghijauan.

Ilustrasi gerakan menanam pohon.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi gerakan menanam pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan menggalakkan gerakan tanam pohon dalam upaya mewujudkan masyarakat yang cerdas terhadap masalah iklim.

Ketua MLH Sulsel Fernandus Ali dalam keterangannya di Makassar Senin mengatakan, kegiatan aksi penanaman pohon itu dipusatkan di halaman Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam).

Baca Juga

Dia mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam gerakan ini, termasuk Pimpinan Wilayah Muhammadiyah atas dukungan moril dan materiil yang diberikan.

Aksi penanaman pohon ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Dewan Pengurus dan Dewan Pakar MLH Sulsel, hingga organisasi otonom Muhammadiyah, lembaga kemahasiswaan, dan mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Teknik.

Dukungan juga datang dari Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah II Sulawesi Selatan, yang menyediakan beragam bibit pohon, serta Balai BPDAS Jeneberang Saddang yang menyumbangkan bibit pohon Ebony (Diospyros Celebica).

Ketua PWM Sulawesi Selatan Prof Ambo Asse juga menyambut baik kegiatan tersebut, dan berharap semangat penanaman pohon dapat menyebar ke seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah di Sulawesi Selatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis kepada Pesantren Muhammadiyah Gombara, Poltekmuh, Pesantren Hisbulwathan, dan warga Muhammadiyah oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.  

Gerakan menanam pohon memberikan sejumlah manfaat.

Pertama, menekan polusi udara dan menghijaukan area sekitar

Berkat sejumlah pohon, kualitas udara menjadi lebih baik

Kedua, memberikan kesejukan di musim panas

Meski panas menyengat, ranting dan dedaunan pohon dapat menjadi payung yang menambah kesejukan.   

Ketiga, meredam kebisingan dan meningkatkan ketenangan

Suasana hijau menambah ketenangan hati.

Dengan memahami manfaat menanam pohon, masyarakat dapat membuat keputusan yang bijak untuk menghijaukan lingkungan sekitar. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk generasi mendatang. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat, damai, dan lestari dengan menanam pohon di lingkungan sekitar. Dengan begitu, pohon tidak hanya menciptakan keindahan visual, tetapi juga memberikan dampak positif yang nyata bagi lingkungan dan kesehatan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement