Jumat 28 Jun 2024 00:03 WIB

Jamaah Haji Wafat Akibat Cuaca Panas, Arab Saudi Tangguhkan E-Visa Umroh Warga Mesir

Visa B2C juga telah ditangguhkan untuk Pakistan, menurut berbagai laporan.

Jamaah haji melempar jumrah aqobah di Jamarat, Makkah, Arab Saudi, Ahad (16/6/2024). Lempar jumrah aqobah merupakan salah satu syarat yang wajib dilakukan pada ibadah haji sebagai simbol pengusiran setan yang pernah dilakukan Nabi Ibrahim AS.
Foto:

Cuaca Sangat Panas

Human Rights Watch mengeluarkan laporan pada Selasa yang menyatakan pemerintah Saudi mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari panas ekstrem, terutama karena krisis iklim telah menyebabkan kenaikan suhu.

“Selain haji, mereka juga harus menerapkan langkah-langkah perlindungan panas untuk lebih menjaga kesehatan semua orang yang berisiko. Hal ini sangat mendesak mengingat rencana Arab Saudi berdasarkan Visi 2030, yang mencakup peningkatan jumlah jamaah tahunan menjadi 30 juta dari 8 juta,” laporan itu menyatakan.

Laporan tersebut mengatakan ibadah haji tahun depan akan berlangsung pada musim panas ketika suhu diperkirakan tinggi. Ada seruan bagi pemerintah Saudi untuk menganggap ibadah haji sebagai sebuah bahaya dan risiko kesehatan masyarakat.

Ibadah haji semakin terdampak oleh perubahan iklim. Panel antarpemerintah PBB mengenai perubahan iklim memperingatkan sebagian wilayah Teluk bisa menjadi tidak dapat dihuni pada akhir abad ini.

Tahun lalu, tercatat lebih dari 10 ribu penyakit yang berhubungan dengan panas. Sebanyak 10 persen di antaranya adalah serangan panas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement