Selasa 25 Jun 2024 15:55 WIB

Menghitung Kecepatan Teleportasi Jin Ifrit Versus Ahli Kitab Era Nabi Sulaiman

Waktu jin ifrit untuk membawa singgasana 960 kali lebih cepat dari unta.

Penggembala beristirahat di area dekat makam Nabi Sulaiman, Plain of Mizpah
Foto: www.loc.gov
Penggembala beristirahat di area dekat makam Nabi Sulaiman, Plain of Mizpah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam artikel sebelumnya (Sukar Dipercaya! Teknologi Teleportasi Lelaki Misterius Era Nabi Sulaiman), teleportasi menjadi sebuah teknologi yang masih menjadi wacana ilmiah pada masa kini tetapi sudah pernah dilakukan pada zaman Nabi Sulaiman As.  Hal ini sebagaimana yang dikisahkan dalam Alquran.

"Berkata Sulaiman, "Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang yang berserah diri." Berkata Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin. "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; Sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya. "Berkatalah seorang yang mempunyai  ilmu dari Al Kitab, "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip (QS An-Naml 27:38-40).

Baca Juga

Dilansir dari buku Waktu dalam Perspektif Alquran dan Sains terbitkan Balitbang Kemenag, ayat 39 dalam surat tersebut menjelaskan, Ifrit termasuk golongan atau bahkan pembesar dari golongan jin. Dia sanggup membawa tahta atau singgasana Ratu Balqis, dari negeri Saba' (Yaman) sampai Yerusalem dalam waktu yang ia sebut “sebelum kamu (Sulaiman) berdiri dari tempat dudukmu”.

photo
Penelusuran jejak Nabi Sulaiman (ilustrasi) - (republika)

Rentang duduk seorang raja pada singgasananya, utamanya dalam menerima para pembesarnya adalah mulai pagi sampai pertengahan hari, yaitu tergelincirnya matahari (al-Hanafi, 2005). Jadi dapat diperkirakan sekitar pukul 09.00– 12.30, atau sekitar 3,5 jam. Jadi ‘Ifrit mampu membawa singgasana dalam waktu kurang dari 3,5 jam, katakanlah maksimum tiga jam.

Waktu tiga jam ini adalah dua kali jarak, yaitu dari Yerusalem ke Saba' (Yaman) dan dari Saba' (Yaman) ke Yerusalem. Dengan demikian, jarak yang Ifrit tempuh dari Saba' (Yaman) ke Yerusalem hanya 1,5 jam. Jarak tempuh dengan jalan darat, dengan kendaraan unta antara Yaman Palestina sekitar 2 bulan atau 1.440 jam.

Jadi, waktu yang dibutuhkan Ifrit untuk membawa singgasana 960 kali lebih cepat dibanding kendaraan unta waktu itu. Hal ini cukup masuk akal mengingat Ifrit termasuk golongan jin, yang penciptaannya dilakukan dengan bahan dasar api atau cahaya. Kecepatan Ifrit ini tentunya sangat mengagumkan, namun ternyata ia masih kalah cepat dibandingkan orang yang memiliki pengetahuan tentang al-kitab seperti dijelaskan pada ayat 40 di atas.

 

Hanya sekedip mata.. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement