Sabtu 22 Jun 2024 10:29 WIB

Terpejam dan Terbaring, Hafidz Alquran di Palestina Baca Surah ar-Rahman dengan Nada Indah

Hafidz Alquran di Palestina ini terus membaca firman Allah.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Erdy Nasrul
Penghafal Alquran yang terbaring sakit
Foto:

Perang Gaza membayangi kekerasan yang terus terjadi di wilayah itu. Termasuk, serangan rutin pasukan Israel dan pemukim Yahudi ke desa-desa Palestina. Ribuan orang Palestina di Tepi Barat ditahan dan ratusan lainnya dibunuh dalam operasi rutin tentara dan polisi Israel sejak Israel menyerang Gaza.

Surah ar-Rahman

Di dalam Kitab Tafsir Al Munir, Karya Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, Surah Ar-Rahman dinamai karena surah ini dibuka dengan salah satu Asmaul Husna, yaitu ar-Rahmaan. Kata ini merupakan bentuk lsim mubaalaghah dari kata ar-Rahmah.

Bahkan kata ini lebih kuat dari kata ar-Rahiim. ar-Rahmaan maknanya adalah Yang mengaruniai nikmat-nikmat besar dan kepada semua makhluk. Adapun ar-Rahim, maknanya adalah Yang memberi nikmat-nikmat kecil dan pemberian itu adalah pemberian yang khusus kepada kaum Mukminin.

Karakteristik surah ar-Rahmaan tidak beda jauh dengan surah-surah Makkiyyah lainnya yang bercirikan ayat-ayatnya yang pendek, daya tekan serta nuansa penuh kekhidmatan yang sangat kuat. Temanya tidak jauh dari masalah pokok-pokok aqidah, yaitu tauhid, tanda-tanda kuasa llaahi, kenabian dan wahyu, hari Kiamat beserta apa yang ada di dalamnya berupa surga, neraka, nikmat dan kesenangan, kengerian-kengerian, tragedi-tragedi dan berbagai macam kesulitan di dalamnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement