Sabtu 22 Jun 2024 10:29 WIB

Terpejam dan Terbaring, Hafidz Alquran di Palestina Baca Surah ar-Rahman dengan Nada Indah

Hafidz Alquran di Palestina ini terus membaca firman Allah.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Erdy Nasrul
Penghafal Alquran yang terbaring sakit
Foto: x
Penghafal Alquran yang terbaring sakit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah konten X tersebar menampakkan seorang pemuda penghafal Alquran terbaring di rumah sakit. Bersama saudara dan tim medis, lelaki yang terpejam dan terbaring lemah di atas sebuah tempat tidur berjalan itu membaca Surah ar-Rahman dengan suara indah.

عَلَّمَهُ ٱلْبَيَانَ

Baca Juga

‘allamahul-bayān

4. Mengajarnya pandai berbicara.

ٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ

asy-syamsu wal-qamaru biḥusbān

5. Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

وَٱلنَّجْمُ وَٱلشَّجَرُ يَسْجُدَانِ

wan-najmu wasy-syajaru yasjudān

6. Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya.

وَٱلسَّمَآءَ رَفَعَهَا وَوَضَعَ ٱلْمِيزَانَ

was-samā`a rafa’ahā wa waḍa’al-mīzān

7. Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan).

أَلَّا تَطْغَوْا۟ فِى ٱلْمِيزَانِ

allā taṭgau fil-mīzān

8. Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.

وَأَقِيمُوا۟ ٱلْوَزْنَ بِٱلْقِسْطِ وَلَا تُخْسِرُوا۟ ٱلْمِيزَانَ

wa aqīmul-wazna bil-qisṭi wa lā tukhsirul-mīzān

9. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.

Profil

Namanya Ahmad Ribhi Yasin. Pria berusia sekitar 20-an tahun itu mengenakan selimut ungu yang menutupi tubuhnya. Kepalanya ditutupi penutup berwarna hijau. Kemudian tampak seorang wanita tua, seperti ibunya, mendekati sang anak dan memegang pipi Ribhi Yasin. Wajah wanita itu menampakkan kesedihan dan kepasrahan terhadap apa yang akan dialami si pemuda.

Kemudian dalam potongan video lainnya, Ribhi Yasin terbaring masih memejamkan mata. Mulutnya ditutupi alat medis yang mengalirkan oksigen. Suaranya terdengar melemah, tapi masih terus menyebut nama Allah.

Dia seperti membaca iqamat, “qad qaamatis shalah qad qaamatis shalah. Allahu Akbar Allahu Akbar, laa ilaaha illa Allah.” Kemudian lanjut lagi membaca ar-Rahman, surat yang mengambil nama dari asma Allah yang berarti yang Mahapengasih.

Seorang pengguna x @lola-united berkomentar, bahwa pria penghafal Alquran tersebut berasal dari Nablus Palestina. Nablus adalah sebuah kota yang terletak di bawah kekuasaan Otoritas Nasional Palestina di Tepi Barat dengan populasi sebesar 135.000, yang juga merupakan salah satu pusat populasi Palestina terbesar di Timur Tengah.

Sedangkan pengguna x lainnya bertanya-tanya, apakah dia sadar? Apakah dia akan sembuh? Masya Allah dan banyak lagi yang berkomentar dengan kalimat dzikir.

Serangan Israel

Pada April lalu, Pasukan Israel membunuh 14 orang Palestina di daerah pendudukan Tepi Barat. Pihak berwenang Palestina mengatakan seorang supir ambulans dibunuh saat hendak membawa korban luka serangan pemukim Yahudi dalam peristiwa yang berbeda.

Pasukan Israel memperluas serangannya di area Nur Shams pada Jumat (19/4/2024) dini hari. Area di Kota Tulkarm itu titik bentrokan dan masih ada baku tembak dengan orang bersenjata pada Sabtu (20/4/2024).

Brigade Tulkarm, salah satu faksi Palestina, mengatakan pejuangnya baku tembak dengan pasukan Israel. Tepi Barat yang panjangnya sekitar 100 kilometer dan lebarnya 50 kilometer menjadi jantung konflik Israel-Palestina sejak wilayah itu direbut Israel dalam Perang 1967.

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement