Jumat 21 Jun 2024 19:35 WIB

Tinggalkan Kota Makkah, Jamaah Haji: Bahagia Namun Sedih

Jumlah jamaah Kloter SOC 02 yang akan pulang ke Tanah Air berjumlah 360 orang.

Jamaah haji Kloter SOC 02 asal Temanggung dan Magelang menjadi jamaah pertama yang akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madina. 360 jamaah diberangkatkan melalui Hotel 412 di wilayah Raudhah, Makkah, Jumat (21/6/2024) pagi Waktu Arab Saudi (WAS).
Foto:

"SOC 02 ini dari Kabupaten Temanggung dan sebagian dari Magelang ya. Alhamdulillah seluruh persiapan kaitan dengan rencana kepulangan ini sudah siap," ujar Arsyad saat ditemui di lokasi.

Karena jamaah Kloter SOC 02 ini masuk kategori keberangkatan awal, maka barang-barang bagasi jamaah sudah ditimbang sejak sebelum berangkat melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

photo
Jamaah haji Kloter SOC 02 asal Temanggung dan Magelang menjadi jamaah pertama yang akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madina. 360 jamaah diberangkatkan melalui Hotel 412 di wilayah Raudhah, Makkah, Jumat (21/6/2024) pagi Waktu Arab Saudi (WAS). - (Republika/Muhyiddin)

"Jadi ini sudah selesai tinggal tas kabin saja yang ukurannya maksimal tujuh kilogram," ucap Arsyad.

Jumlah jamaah Kloter SOC 02 yang akan pulang ke Tanah Air ini berjumlah 360 jamaah ditambah dengan lima petugas haji. Dia pun bersyukur jamaah haji yang tergabung dalam kloter ini tidak ada satu pun jamaah yang wafat selama melaksanakan proses ibadah haji.

"Tidak ada satupun yang wafat. Alhamdulillah ini luar biasa. Jadi kloternya solid, mereka juga luar biasa menjaga betul dan ikut aturan-aturan yang disampaikan oleh Kementerian Agama," kata Arsyad.

Beberapa jamaah yang terganggu kondisi kesehatannya juga tidak melaksanakan ibadahnya sendiri, tapi disafari wukufkan. "Kemudian ada juga jamaah yang mungkin karena kondisi lelah mereka juga tidak melaksanakan sendiri, dibadalkan beberapa bagian rangkaian ibadah hajinya," jelas Arsyad.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement