Kamis 20 Jun 2024 11:33 WIB
Laporan langsung dari Makkah, Arab Saudi

295 Jamaah Dibadalkan, Sembilan Tunggakan Tahun Lalu

Pergerakan jamaah dari Arafah ke Mina dibagi menjadi skema murur dan normal.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ilustrasi Sertifikat Badal Haji
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Sertifikat Badal Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Seluruh rangkaian puncak haji 1445 H berakhir pada Rabu (8/6/2024) Waktu Arab Saudi (WAS). Dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, ada 295 jamaah yang hajinya dibadalkan lantaran tidak mampu melanjutkan ibadah hajinya ataupun karena wafat.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief mengatakan, ratusan jamaah yang dibadalkan tersebut wafat di Tanah Air dan di Arab Saudi. "Jamaah haji yang dibadalkan sebanyak 295 jamaah dengan rincian 9 jamaah tunggakan tahun lalu, 9 jamaah wafat di embarkasi, 115 jamaah wafat di Arab Saudi, 119 jamaah sakit dI RS Saudi, dan 43 jamaah sakit yang dirawat di KKHI," ujar Hilman saat malaporkan dalam acara "Menteri Agama Menyapa dan Mengapresiasi PPIH Arab Saudi" di Makkah, Rabu (19/6/2024) malam.

Baca Juga

Sejak rangkaian puncak haji dimulai tercatat ada 17.113 jamaah yang melaknakan Tarwiyah. Mereka tidak langsung menuju ke Arafah, tapi melaksanakan ibadah ke Mina dulu."Dengan rincian mereka yang mengunakan bus 17.072 jamaah. Mereka yang berjalan kaki (menuju Mina) sebanyak 41 jamaah," ucap Hilman.

 
photo
Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Hilman Latief di Makkah, Arab Saudi. Selasa (20/6/2023) - (Republika/Fuji E Permana)

Dia pun melaporkan jumlah jamaah haji Indonesia yang melakukan safari wukuf. Pertama, safari wukuf jamaah sakit yang dilakukan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Kedua, safari wukuf jemaah lansia non-mandiri yang difasilitasi oleh Bidang Layanan Lansia dan Disabilitas Kementerian Agama (Kemenag).

 

Menurut dia, jumlah jamaah haji yang safari wukuf dari Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) menuju ke Arafah ada sebanyak 53 jamaah dengan mengggunakan 11 bus."Dan jamaah lansia non mandiri sebanyak 301 jamaah. Dan satu jamaah dirujuk ke rumah sakit sebelum wukuf dan satubmeninggak sebelum wukuf," kata Hilman.

Dia mengatakan, total jamaah yang tiba di Arafah sebanyak 212.822 jamaah dengan jumlah 553 kloter. Mereka tinggal di 1.169 tenda yang telah disiapkan pihak Masyariq."Jamaah yang wafat di Arafah sebanyak sembilan jamaah," jelas dia.

Pergerakaan jamaah dari Arafah kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Menurut dia, ada jamaah yang berangkat dari Arafah menuju Muzdalifah dan ada jamaah yang melakukan murur di Muzdalifah menuju ke Mina langsung.

Pergerakan jamaah haji skema normal dari Arafah ke Muzdalifah sebanyak 158.955 jamaah atau 75 persen. Pegerakan jamaah haji dnegan skema murur langsung menuju sebanyak 53.863 jamaah atau sekitar 25 persen," kata Hilman.

photo
Infografis Rencana Perjalanan Jamaah Haji Indonesia 2024 - (Republika.co.id)

Setelah sampai di Mina, jamaah haji Indonesia kemudian mendapatkan tenda sebanyak 3.902 tenda. Jamaah haji yang mengambil Nafar Awal ada sekitar 135 ribu atau 62 persen. Sedangkan jamaah yang mengambil Nafar Tsani berjumlah sekitar 82 ribu jamaah atau 38 persen."Jamaah yang wafat di Mina sebanyak 27 jamaah," jelas dia.

Hingga Rabu (19/6/2024) malam, seluruh jamaah haji kini telah bergeser dari Mina menuju hotelnya masing-masing dan selanjutnya akan melaksanakan Tawaf Ifadah di Masjidil Haram.

"Hari ini seluruh jamaah haji Indonesia kembali ke hotelnya masing-masing untuk kemudian di hari beikutnya akan melaksanakan tawaf ifadah untuk penyempurnaan haji," kata Hilman.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement