Kamis 27 Jun 2024 11:52 WIB

Menyelami Spiritualitas: Jadwal Sholat Hari Ini di Bogor

Pelaksanaan sholat lima waktu merupakan ibadah yang sangat esensial.

Sholat berjamaah (Ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA
Sholat berjamaah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --Kota Bogor, yang dikenal dengan julukan "Kota Hujan," tak hanya memikat dari segi keindahan alamnya, namun juga menyimpan kekayaan spiritual yang mendalam. Bagi umat Muslim di daerah ini, pelaksanaan sholat lima waktu merupakan ibadah yang sangat esensial dalam kehidupan sehari-hari. Pada hari ini, Kamis, 27 Juni 2024, mari kita merenungkan pentingnya sholat sembari mengetahui jadwal sholat pada hari ini khususnya bagi masyarakat Bogor.

Dalam menjalankan ibadah sholat, kita dapat merujuk firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayat 45 yang menyebutkan:

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'.."

Ayat ini menggarisbawahi betapa pentingnya kesabaran dan kekhusyukan dalam melaksanakan sholat.

Adapun jadwal sholat hari ini di Bogor adalah sebagai berikut:

- Shubuh: 04:42 WIB

- Dhuhur: 11:59 WIB

- Ashar: 15:20 WIB

- Maghrib: 17:51 WIB

- Isya: 19:05 WIB

Sholat merupakan bentuk komunikasi langsung antara manusia dengan Sang Pencipta. Melalui sholat, kita memohon petunjuk, rahmat, dan keberkahan. Sholat juga menjadi momen refleksi diri dan penguatan jiwa. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Huraira, Rasulullah SAW bersabda:

"Sholat adalah tiang agama. Barangsiapa mendirikannya, maka dia telah menegakkan agama dan barangsiapa meninggalkannya maka dia telah merobohkan agama." (HR. Bukhari)

Ada sesuatu yang sangat istimewa ketika umat Muslim dapat melaksanakan sholat tepat pada waktunya. Setiap waktu sholat membawa ketenangan batin dan menjadikan hati lebih terhubung dengan Allah SWT. Khususnya di kota Bogor yang penuh dengan kesibukan, kesadaran akan waktu sholat ini menjadi pengingat bagi umat Muslim akan pentingnya menjaga koneksi spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan ini juga, marilah kita merenungkan makna sholat serta memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya menjaga waktu sholat. Menjalankan sholat dengan disiplin akan membantu kita untuk lebih menghargai waktu dan mendapatkan berkat serta ridha dari Allah SWT.

Sebagai penutup, semoga setiap kita yang membaca artikel ini, dapat lebih termotivasi dalam menjalankan sholat tepat waktu dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

*Artikel ini disusun oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement