Kamis 20 Jun 2024 10:42 WIB

Otoritas Saudi: Sebagian Besar Korban Meninggal di Musim Haji 2024 tak Berizin

Banyak jamaah haji datang dengan visa kunjungan, wisata, atau umrah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Otoritas Arab Saudi menyatakan, sebagian besar individu yang dilaporkan meninggal dunia dalam musim haji tahun ini bukanlah bagian dari jamaah haji dengan izin resmi.
Foto: Gulf News
Otoritas Arab Saudi menyatakan, sebagian besar individu yang dilaporkan meninggal dunia dalam musim haji tahun ini bukanlah bagian dari jamaah haji dengan izin resmi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Arab Saudi menyatakan, sebagian besar individu yang dilaporkan meninggal dunia dalam musim haji tahun ini bukanlah bagian dari jamaah haji dengan izin resmi. Kementerian Media Arab Saudi menjelaskan, individu-individu tersebut masuk ke Arab Saudi beberapa bulan sebelum musim haji hanya dengan visa kunjungan atau wisata biasa.

"Individu tersebut menetap di Makkah hingga musim haji tiba dan melaksanakan ibadah haji tanpa izin yang tepat," ucap Kementerian Media Arab Saudi dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga

Otoritas Saudi menyatakan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Tunisia mengonfirmasi sebagian besar warganya yang meninggal saat menjalani haji tiba di Arab Saudi bukan dengan visa haji. Mereka datang dengan visa kunjungan, wisata, atau umrah.

Senada, Kemenlu Yordania turut melaporkan, semua warga Yordania yang meninggal atau hilang ketika berhaji bukan bagian dari jamaah haji resmi negaranya. Otoritas Saudi mengakui bahwa musim haji tahun ini, diiringi dengan kenaikan suhu yang signifikan di Makkah hingga 45 derajat celsius.

 

Namun, karena tidak termasuk dalam rombongan haji resmi, jamaah tersebut tidak mendapat layanan akomodasi, makanan, atau transportasi yang dapat membantu mereka dalam berhaji. Pun mencegah dampak bahaya akibat cuaca panas.

"Mereka pun rentan terhadap risiko kelelahan akibat panas, paparan sinar matahari, dan berjalan jauh di jalan kasar dan tidak beraspal yang memang bukan untuk digunakan pejalan kaki," menurut pernyataan tersebut.

Setidaknya 550 orang dilaporkan meninggal dunia saat menjalankan haji di Arab Saudi karena terdampak cuaca panas, demikian dilaporkan AFP sebagaimana dilansir dari Sputnik. Dari jumlah tersebut, 323 di antaranya merupakan warga negara Mesir. Selain itu, sekurangnya 40 individu dari Yordania dan 35 dari Tunisia juga dilaporkan meninggal dalam musim haji tahun ini.

Baca: Prabowo dan Erick Thohir Berdiskusi Dua Jam Bahas Investasi UEA

Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah pada Senin (17/6) melaporkan setidaknya 138 calon haji asal Indonesia wafat saat menunaikan prosesi ibadah haji. Namun, sebagian besarnya meninggal dunia karena penyakit bawaan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement