Jumat 14 Jun 2024 05:45 WIB

Duit Habis Ratusan Juta, Kisah Korban Travel Nakal yang Ngumpet di Masjidil Haram

Guru ngaji itu menjadi korban travel nakal yang diberangkatkan tanpa visa haji.

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: A.Syalaby Ichsan
Umat Islam memadati Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Kamis (6/6/2024). Menjelang berakhirnya fase kedatangan jamaah calon haji (closing date) pada 10 Juni 2024 kondisi Masjidil Haram semakin padat oleh jamaah dari berbagai belahan dunia khususnya pada saat shalat lima waktu, PPIH Arab Saudi menghimbau jamaah Indonesia agar shalat fardu dan ibadah sunnah lainnya dapat dilakukan di mushala atau masjid di sekitar hotel.
Foto:

Penangkapan penjual pemilik travel haji tanpa tasreh

Sebelumnya, seorang warga negara Indonesia (WNI) berinisial LNM ditangkap aparat keamanan Arab Saudi lantaran menjual paket haji tanpa tasreh di akun Facebook-nya. Lukman merupakan salah satu jamaahnya yang tergoda janji-janji manisnya.

LNM merupakan pemilik travel paket umrah dan haji. Dia biasa menjual paket haji lewat akun Facebook-nya. Kabar tersebut disampaikan Konjen RI Jeddah, Yusron B. Ambary.

"Saya sebelumnya menyampaikan selebgram ya, ternyata bukan. Dia jualan melalui akun Facebook-nya yang sudah punya pengikut 5 ribu," kata Yusron dalam jumpa pers melalui Zoom, Jumat (7/6/2024).

photo
Polisi Saudi tangkap jamaah haji ilegal - (Republika)

Pelaku LNM berusia 40 tahun adalah pemilik travel umrah AND Tour. Dia ditangkap pada Sabtu, 25 Mei 2024, dalam perjalanan menuju hotelnya di Makkah. Setelah ditangkap, LNM segera ditahan oleh kejaksaan setempat.

Di sisi lain, perusahaan tur miliknya tersebut ternyata legal, tapi baru punya izin untuk perjalanan umroh saja. "Perusahaan tour-nya ini baru punya izin umrah saja," kata Yusron

sumber : Kemenag Sumbar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement