Selasa 11 Jun 2024 13:23 WIB

Gelar MTQ, Pemda Harapkan Sejumlah Hal Berikut ini

Gubernur buka MTQ Ke-9 kaltara diikuti lima kafilah kabupaten/kota

Ilustrasi MTQ.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, Tanjung Selor (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-9 Tingkat Provinsi Kaltara di Kabupaten Tana Tidung, Senin malam, menandai dimulainya kompetisi membaca, menghafal, menulis, dan memahami kandungan Al Quran yang diikuti lima kafilah kabupaten/kota di daerah itu.

“MTQ bukan hanya sekadar sebuah kompetisi, tetapi juga merupakan media pembelajaran dan pengembangan diri bagi umat Islam,” kata Zainal.

Baca Juga

Pembukaan MTQ dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Joesoef Abdullah, Tideng Pale, Tana Tidung ini menjadi ajang bagi kafilah dari lima kabupaten/kota di Kaltara menunjukkan kemampuan membaca, menghafal, dan memahami Al-Quran.

Selain itu, MTQ ini juga diyakini menjadi sarana mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Gubernur menjelaskan MTQ bukan hanya sekadar lomba untuk mencari qari-qariah dan hafidz-hafidzah terbaik, tetapi juga upaya menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran supaya dijadikan sebagai pedoman hidup.

 

"MTQ diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam, membina umat Islam, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, dan melahirkan generasi Qurani yang berkualitas," tutur Zainal.

Pembukaan MTQ Ke-9 Kaltara ini dimeriahkan dengan defile kontingen, tarian daerah, pembacaan ayat suci Al Quran Qori Internasional H. Darwis Hasibuan, serta dihibur penampilan penyanyi Fatin Shidqia. MTQ kali ini melombakan semua jenis cabang lomba MTQ, kecuali cabang hadits diikuti Kafilah Kabupaten Bulungan sebanyak 94 orang, Kafilah Kota Tarakan 85 orang, Kafilah Kabupaten Nunukan 103 orang, Kafilah Kabupaten Malinau 82 orang, dan Kafilah Kabupaten Tana Tidung sebagai tuan rumah sebanyak 85 orang.

Jumlah dewan hakim dan anggota kafilah, totalnya mencapai 509 orang, kata Ketua Panitia MTQ Ke-9 Provinsi Kaltara Moh. Idham Nur. MTQ Ke-9 Provinsi Kaltara akan berlangsung hingga 14 Juni 2024. MTQ ini juga menjadi ajang menyeleksi qori-qoriah terbaik untuk mewakili Provinsi Kaltara ke ajang MTQ Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur pada Juli 2024.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement