Sabtu 08 Jun 2024 08:30 WIB

Kloter Haji Terakhir di 2 Daerah ini Bergabung untuk Berangkat ke Tanah Suci Bersama

Jamaah haji harus menjaga kesehatan.

Ilustrasi pemberangkatan jamaah haji.
Foto: Dok MCH 2024
Ilustrasi pemberangkatan jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 114 calon haji kloter terakhir Embarkasi Medan, Sumatera Utara bergabung dengan Kloter 19 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kloter terakhir digabung bersama Kloter 19 Banjarmasin yang diterbangkan pada Senin (10/6)," ucap Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan Zulfan Efendi di Medan, Jumat.

Baca Juga

Kloter terakhir Embarkasi Medan ini merupakan kloter 25 yang diberangkatkan dengan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Kualanamu Deli Serdang langsung ke Jeddah. Pihaknya memperkirakan Kloter 19 Embarkasi Banjarmasin menurut jadwal maskapai Garuda Indonesia tiba di Bandara Kualanamu pada Senin (10/6), pukul 9.35 WIB.

"Kemudian 114 jamaah Kloter 25 Embarkasi Medan menyusul dengan bus lewat kargo untuk selanjutnya bergabung dengan 93 jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin," ujarnya.

Zulfan yang juga menjabat Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara ini, mengaku pihaknya akan menyesuaikan jadwal keberangkatan Kloter 25 Embarkasi Medan ke Tanah Suci.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, kata dia, Kloter 25 Embarkasi Medan memasuki Asrama Haji Medan pada Ahad (9/6), pukul 9.00 WIB. Sehari kemudian setelah proses pelepasan di Asrama Haji Medan, 114 calon haji kloter 25 menggunakan bus ke Bandara Kualanamu dijadwalkan diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia, pukul 10.35 WIB.

Pada kloter gabungan ini ketua kloter berasal dari Embarkasi Medan, sedangkan pembimbing ibadah haji dan petugas kesehatan berasal dari Embarkasi Banjarmasin.

"Sampai hari ini, Embarkasi Medan telah memberangkatkan 23 kloter. Alhamdulillah, berjalan lancar. Semoga pemberangkatan hingga kloter terakhir juga berjalan lancar," ucap Zulfan.

Masuk asrama haji

Sebanyak 254 calon haji kelompok terbang (kloter) 62 JKG atau kloter terakhir dari Provinsi Lampung masuk asrama haji setempat.

"Alhamdulillah, jamaah Kloter 62 JKG atau kloter terakhir asal Lampung yang berasal dari Bandarlampung, Pesisir Barat dan Pesawaran telah masuk ke asrama haji hari ini," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung, Puji Raharjo, di Asrama Haji Bandarlampung, Jumat.

Dia menyebutkan ke-254 calon haji tersebut terdiri atas 171 orang dari Kota Bandarlampung, 73 orang dari Kabupaten Pesisir Barat, empat orang dari Pesawaran dan enam orang petugas haji.

"Kloter terakhir asal Lampung ini keberangkatannya ke Tanah Suci akan digabung dengan calon haji asal Banten sebanyak 139 orang," kata dia.

Puji mengatakan bahwa Kloter JKG 62 akan diberangkatkan pada Sabtu (8/6). "Mereka akan diterbangkan dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 13.55 WIB menggunakan Garuda dengan nomor penerbangan GIA 7319," kata dia.

Kakanwil Kemenag Lampung berpesan kepada seluruh jamaah baik yang sudah di Tanah Suci maupun yang akan berangkat agar mematuhi semua aturan yang berlaku di Arab Saudi.

"Kami juga meminta agar jamaah tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas di Tanah Suci, agar pada puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) masih tetap dalam kondisi prima. Kemudian saya juga minta seluruh jamaah menjaga nama baik bangsa Indonesia dan Provinsi Lampung," kata dia.

 

Calon haji Provinsi Lampung secara keseluruhan berjumlah 7.298 orang ditambah petugas kloter berjumlah 95 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement