Ahad 02 Jun 2024 20:39 WIB

Air Zamzam untuk Jamaah Haji Kalsel dan Kalteng Tiba di Asrama Haji

Ribuan galon air Zamzam yang didatangkan dalam dua tahap.

Petugas membongkar ribuan galon air zamzam di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes), Selasa (23/7). Air zamzam ini nantinya akan dibagikan kepada jamaah haji, saat tiba di tanah air.
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Petugas membongkar ribuan galon air zamzam di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes), Selasa (23/7). Air zamzam ini nantinya akan dibagikan kepada jamaah haji, saat tiba di tanah air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Tambrin menyampaikan air Zamzam untuk jamaah haji provinsi setempat dan Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah tiba di Asrama Haji Kota Banjarbaru.

"Sudah tiba dari Arab Saudi sejak 28 dan 30 Mei 2024 ke Tanah Air, kini disimpan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.

Baca Juga

Ribuan galon air Zamzam yang didatangkan tersebut, kata dia, dilakukan dua tahap.

Pertama, ungkap Tambrin, sebanyak 2.995 galon air Zamzam diangkut pesawat Airbus Garuda Indonesia dengan Nomor Penerbangan GA 8111 pada 28 Mei 2024 sampai di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

 

Kemudian, kedua, kata dia, sebanyak 2.857 galon diangkut pesawat Garuda Indonesia pula dengan Nomor Penerbangan GA 8113 tiba pada 30 Mei 2024 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

"Jadi satu galon itu isinya 5 liter," ujar Tambrin.

Menurut dia, kedatangan air Zamzam lebih dulu untuk jamaah haji ini agar mereka tidak repot lagi membawanya dari sana.

"Masing-masing akan mendapatkan satu galon air Zamzam saat pulang ke rumah nantinya," kata Tambrin.

Sebagaimana diketahui, ucap dia, Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2024 ini memberangkatkan 5.853 peserta haji yang berasal dari Kalsel dan Kalteng. Mereka tergabung dalam 19 kloter.

Terkait mekanisme pembagian air Zamzam untuk jamaah haji akan dilaksanakan secara kondisional. "Artinya kita serahkan kepada panitia daerah, nantinya apakah akan dibagikan di asrama haji saat kedatangan jamaah atau mau dibawakan dan dibagikan di daerah masing-masing," katanya.

Menurut dia, kesiapan air Zamzam ini diinformasikan juga ke semua jamaah haji, sehingga mereka bisa tenang dan tidak perlu terlalu memikirkan cara membawa air Zamzam ke Tanah Air sebab jatah air Zamzam mereka sudah disiapkan di asrama haji

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement