Selasa 28 May 2024 16:45 WIB

MTQ Ke-54 tingkat Kabupaten Serang Tingkatkan Literasi Alquran

MTQ mendakwahkan banyak orang untuk memahami Alquran.

Ilustrasi pawai MTQ.
Foto: Antara
Ilustrasi pawai MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Serang yang digelar selama 3 hari pada 27 sampai 30 Mei di Pantai Florida, Cinangka, Senin.

Tatu, di Serang, Banten, Senin, mengatakan kegiatan MTQ dilaksanakan secara berjenjang baik MTQ tingkat kabupaten dan kota, provinsi dan nasional. 

Baca Juga

Di Kabupaten Serang pun, pelaksanaan MTQ dilakukan setiap tahun untuk mengikuti jenjang dimana para kafilah yang menjadi juara akan mewakili Kabupaten Serang ke tingkat provinsi bahkan nasional.

”Kami berharap pembinaan yang dilakukan Pemda Kabupaten Serang dengan para alim ulama, ponpes dan para pembina di bawah LPTQ semoga bisa membawa nama Kabupaten Serang menjadi juara seperti sebelumnya,”ujarnya. 

 

Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas para qori qoriah dalam membaca Alquran secara tajwid dan makhrojnya serta pemahaman semua terhadap Alquran.

”Karena sering kali mendengar dari para alim ulama, kita tidak hanya membaca tetapi memahami isi Alquran kemudian dijadikan pegangan kita, panduan kita dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Serang Sugi Hardono, mengatakan untuk cabang yang akan dilombakan yakni, terdapat sembilan cabang tilawah dan 21 golongan diantaranya, tilawah meliputi tartil anak-anak, tilawah anak-anak, remaja dewasa, canet, qiroath mujawwad dewasa, tahfidz meliputi 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Kemudian Tafsir meliputi bahasa arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia. Selanjutnya MFQ (Musabaqoh Fahmil Quran), MSQ (Musabaqoh Syarhil Quran), MQK (Musabaqoh Qiroatul Kutub) Ula, Wustho dan Ulya, MMQ (Menulis Makalah Quran), KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Al Quran), dan Hifdzil Hadist (Hadist 500).

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement